Ribuan Warga Kendal Rayakan Lebaran Syawalan pada Minggu (8/5/2022).
Sumber :
  • tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Dua Tahun Vakum, Ribuan Warga Kendal Kembali Rayakan Lebaran Syawalan

Minggu, 8 Mei 2022 - 20:57 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Tradisi Syawalan atau Lebaran Syawal di Kaliwungu Kendal Jawa Tengah tahun ini kembali digelar setelah dua tahun terhenti akibat pandemi.

Syawalan merupakan salah satu tradisi religi yang diadakan pada setiap bulan Syawal, yaitu sepekan setelah hari raya Idul Fitri.

Saat tradisi ini digelar, ribuan warga terlihat berziarah ke makam tokoh agama Kyai Asy’ari atau yang dikenal dengan Kyai Guru.

Tradisi Syawalan di Kaliwungu ini digelar sejak Sabtu (7/5/2022) sore hingga Minggu (8/5/2022) malam.

Salah satu tujuan dari Syawalan adalah sebagai penghargaan kepada para tokoh agama atau alim ulama yang sudah mendahului dan berjuang dalam melakukan syiar agama Islam.

Panitia kegiatan sekaligus pimpinan pengurus Masjid Agung Al Istiqomah Kaliwungu, Asroi Tohir, mengaku bersyukur karena bisa menggelar lagi acara Syawalan setelah selama dua tahun dihentikan karena adanya pandemi Covid-19.

"Kami berharap kepada masyarakat agar pada haul ini semakin hari semakin nyaman dan semakin mampu belajar nilai-nilai kebaikan dari para waliyullah, menghormati perjuangan dan meneruskan ajaran ajarannya," jelas Asroi Tohir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral