Ibadah Haji.
Sumber :
  • Freepik

5 Tips Meraih Haji yang Mabrur

Minggu, 5 Juni 2022 - 20:51 WIB

Jakarta - Ibadah haji dan umrah menjadi salah satu ibadah yang paling diimpikan oleh semua umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya tidak semua Muslim bisa melaksanakannya, ibadah ini wajib bagi umat Muslim yang mampu.

Ibadah haji ke tanah suci juga merupakan ibadah memenuhi panggilan Allah. Ketika sudah waktunya dipanggil, akan selalu ada jalan untuk bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Maka dari itu, setiap umat Muslim yang berkesempatan melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, akan melaksanakannya dengan khusyuk untuk bisa meraih haji yang mabrur.

Dirangkum dari laman resmi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, berikut beberapa kiat atau tips untuk meraih predikat haji mabrur.

1. Niat yang tulus
Meneguhkan niat yang tulus ikhlas semata mata karena Allah, bukan hanya untuk sekedar mendapatkan gelar ‘Haji’. Selain itu, laksanakan ibadah haji dengan menghindari perbuatan sum'ah atau hanya sekedar mencari popularitas.

Menggunakan biaya yang halal dan ketika mendapatkan rejeki lalu berkesempatan menunaikan ibadah haji, tidak perlu juga sombong dengan berperilaku riya atau menonjolkan diri. Terlebih lagi dengan bersikap mubahah atau membangga-banggakan diri.

2. Bekali diri dengan takwa dan tawakkal
Selain membekali perjalanan dengan berbagai macam kebutuhan selama perjalanan haji dan umrah, kita juga perlu membekali diri dengan takwa. Sebab sebaik baik bekal bagi seorang Muslim adalah takwa kepada Allah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral