Ilustrasi Orang Berdoa dan Masjid.
Sumber :
  • pixabay

Jadi Hari-Hari Terbaik yang Dipilih Allah SWT, Ini Keutamaan dan Pahala dari 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah 

Kamis, 23 Juni 2022 - 04:55 WIB

tvOnenews - Bulan Dzulqa’dah sebentar lagi berakhir, kini umat Islam akan memasuki Bulan Dzulhijjah.  Bulan ini juga merupakan salah satu bulan yang dimuliakan di dalam Islam.

Dalam surat At Taubah ayat 36, dijelaskan ada empat bulan yang disebut bulan haram. Haram yang dimaksud yakni dilarang berbuat hal-hal yang tidak baik di bulan tersebut.

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kalian semuanya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa.” (Qs. At Taubah: 36)

Sementara dalam Surat Al Fajr disebutkan malam kesepuluh.

وَٱلْفَجْر ,لَيَالٍ عَشْرٍ

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh” (Qs. Al Fajr: 1-2)

Para ulama sebenarnya memiliki perbedaan pendapat dalam menentukan 10 malam yang dimaksud Allah SWT dalam ayat tersebut.

Penafsiran para ulama ahli tafsir mengerucut pada tiga pendapat, yakni 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, 10 malam terakhir bulan Ramadhan, dan 10 hari pertama bulan Al Muharram.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral