Jemaah haji di padang Arafah.
Sumber :
  • via Sekolah Umroh

Mengenal Puasa Arafah, Puasa Hari Ke-9 Di Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:11 WIB

tvOnenews - Bulan Dzulhijjah atau yang akrab kita sebut dengan bulan Haji, merupakan salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam.

Bulan Dzulhijjah termasuk satu dari 4 asyhurul hurum atau bulan-bulan yang diagungkan oleh Allah SWT bersama dengan bulan Dzulqa’dah, Muharram dan Rajab. 

Pada bulan ini, setiap amalan ibadah yang dikerjakan memiliki keutamaan yang lebih baik dibanding hari-hari biasa. Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah adalah puasa Arafah di hari kesembilan bulan Dzulhijjah.

Keutamaan melaksanakan puasa Arafah adalah menghapus dosa selama dua tahun bagi siapapun yang menjalankannya. Yaitu satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang.

Dari Abu Qatadah ra. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa Arafah, beliau menjawab, “Puasa Arafah menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang…” (HR. Muslim)

Dilansir dari laman NU Online Jawa Barat, para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad).

Selain itu, keutamaan melaksanakan puasa Arafah juga dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi,

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral