Ilustrasi Shalat Tahajud..
Sumber :
  • Pixabay

Tata Cara Sholat Tahajud, Lengkap Dengan Niat dan Doanya

Rabu, 6 Juli 2022 - 05:27 WIB

Berdoa di tengah malam merupakan hal yang sangat baik, karena dilakukan dalam suasana hening. Sehingga memudahkan konsentrasi agar dapat beribadah dengan khusyuk.

Di samping itu, seseorang dianjurkan melakukan sholat malam (tahajud). Melalui shalat tahajud ini, seseorang bisa lebih tenang dalam mengerjakan shalat, yang kemudian diteruskan dengan dzikir dan doa.

Mengenai doa yang harus dibaca setelah sholat tahajud, sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti. Doa pada dasarnya merupakan sebuah permintaan manusia kepada Tuhan.

Oleh karena itu, seseorang dapat memohon dan membaca doa apa saja kepadaNya. Namun demikian, materi dan redaksi doa seyogyanya perlu disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Karena, rasanya tidak pantas memohon sesuatu yang tidak diinginkan dan dibutuhkan.

Sebenarnya yang paling mengerti keinginan seseorang adalah diri orang tersebut. Itu juga yang mestinya dipanjatkan dalam berdoa.

Tuhan memiliki sifat Maha Mengetahui segalanya. Termasuk bahasa semua makhlukNya. Bahkan yang tersimpan di dalam lubuk hati seseorang sekalipun, Tuhan mengetahuinya.

Jadi tidaklah perlu berkecil hati manakala tidak bisa berdoa dengan menggunakan Bahasa Arab. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam berdoa, yaitu menjaga sikap khusyu dan tawadhu, serta penuh keyakinan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral