Ilustrasi shalat witir..
Sumber :
  • Pixabay/ashiqraazz

Tata Cara Sholat Witir, Lengkap Dengan Niat dan Doanya

Kamis, 7 Juli 2022 - 05:55 WIB

Berdoa di tengah malam merupakan hal yang sangat baik karena pada saat itu suasana sedang hening. Di sisi lain dengan kondisi yang hening tersebut. Dapat memudahkan seseorang untuk berkonsentrasi sehingga orang tersebut bisa menyelesaikan sholat serta doa secara khusyuk.

Seseorang dianjurkan untuk melakukan sholat witir. Sholat witir merupakan salah satu salat sunnah yang dikerjakan dalam jumlah rekaat ganjil. Terdapat beberapa versi tentang sholat witir ini.

Sholat witir tidak memiliki jumlah rekaat yang khusus, sehingga boleh dilaksanakan oleh sesorang asalkan jumlah rekaat  ganjil. Rasulullah Saw bersabda:

Sholat witir adalah hak bagi semua umat Islam maka barang siapa untuk melakukan sholat witir 5 rekaat maka lakukanlah. Barang siapa yang suka melakukan sholat witir dengan 3 rekaat maka lakukanlah. Dan barang siapa yang suka melakukan sholat witir dengan 1 rekaat maka lakukanlah." HR. Abu Dawud, An-Nasa'I, dan Ibnu Majah.

Oleh karena itu, seseorang dapat memohon dan membaca doa apa saja kepada Allah. Namun demikian, materi dan redaksi doa perlu disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Karena, rasanya tidak pantas kalau memohon sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Sholat witir ini dilaksanakan pada saat setelah menunaikan ibadah sholat isya sampai terbitnya matahari. Hal tersebut sesuai dalam kitab Al-Fiqul Islami wa Adillatuhu.

Sementara waktu terbaik untuk melaksanakan sholat witir adalah sepertiga malam setelah sholat tahajud dan sebelum sholat subuh.

Sholat witir memiliki tata cara hampir mirip dengan sholat Sunnah lainnya, berikut tata cara sholat witir 3 rekaat:

1. Niat

Niat adalah sesuatu yang sangat penting untuk memulai kegiatan ataupun beribadah, niat sholat witir 3 rekaat sebagai berikut

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral