Ilustrasi Pexels..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Salah Satu Keutamaan Salat Witir Lebih Berharga dari Harta Paling Berharga, Ini Waktu Paling Afdol Menunaikannya

Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:18 WIB

Salat witir adalah salah satu salat sunah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup salat lainnya. Salat witir dikerjakan setelah salat isya’ atau sebelum adzan subuh. Sedangkan, hukum salat witir adalah sunah muakkad, bahkan Rasulullah SAW pun tidak pernah meninggalkan salat witir dalam kondisi apapun.

Menurut bahasanya witir berarti ganjil, oleh karena itu, salat witir dapat dikerjakan 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat atau 11 rakaat. Beberapa hadist menjelaskan, salat witir merupakan ibadah tambahan dan memiliki beberapa keutamaan bagi yang mengerjakaan. 

Keutamaan salat witir di antaranya, shalat witir lebih berharga dari harta yang paling berharga. Intinya shalat witir sangat mulia dalam Islam. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist berikut.

Dari Kharijah bin Hudzafah radliyallahu anhu dia berkata,“Rasulullah sallallahu alayhi wa sallam bersabda”

“Sesungguhnya Allah telah menasehatimu untuk berdoa yang lebih baik untukmu daripada harta yang paling berharga.” Kami bertanya, “Apakah itu wahai Rasulullah?”. Dia berkata,“Witir dilakukan antara shalat isya sampai fajar.”

Dalam hadits tersebut, terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat witir lebih utama dari pada harta yang paling berharga. Sebagai umat Islam, kita harus memahami itu.

Kemudian  dari hadist yang diriwayatkan oleh Abu Huraira RA, salat witir merupakan salah satu salat sunah yang paling penting. Bahkan secara khusus, Nabi Muhammad SAW menginstruksikan Abu Huraira bahwa ia harus melakukan salat witir sebelum ia tidur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral