ilustrasi berzikir.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel

Manfaat Mengamalkan Bacaan Zikir Pagi Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Jumat, 2 September 2022 - 09:07 WIB

tvOnenews, Zikir Pagi - Awalilah harimu dengan harapan yang baik seraya melakukan amalan yang bisa memberikan keberkahan tiap menjalaninya.

Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari adalah membaca zikir pagi. Selain mengharapkan pahala dan ridha dari Allah SWT, amalan ini juga bertujuan agar hari yang kita jalani lebih berkah dan dimudahkan segala urusannya.

Bacaan zikir ini lebih utama dibaca saat masuk waktu subuh sampai dengan terbitnya matahari. Namun, boleh juga dibaca hingga mendekati waktu zuhur.

Untuk bacaan zikir pagi lengkap dengan tulisan Arab dan artinya, silahkan kunjungi artikel sebelumnya berikut ini [Bacaan Lengkap Zikir Pagi dan Artinya]


img: Freepik/nikitabuida

Lalu, apa faedah bagi kita ketika melakukan amalan ini? Berikut manfaat mengamalkan zikir pagi berdasarkan hadis Nabi SAW.

1. Membaca ayat Kursi 1x

Faedah: Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang. (berdasarkan HR. Al Hakim (1: 562). Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 655)

2. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas (masing-masing 3x)

Faedah: Siapa yang mengucapkannya masing-masing tiga kali ketika pagi dan petang, maka segala sesuatu akan dicukupkan untuknya. (berdasarkan HR. Abu Daud no. 5082, Tirmidzi no. 3575. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral