Ilustrasi Salat Lima Waktu.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Bacaan Salat Lima Waktu dan Tata Cara Pelaksanaannya

Senin, 12 September 2022 - 10:35 WIB

Sumatera - Dalam agama Islam, melaksanakan salat lima waktu hukumnya wajib. Sebab, salat adalah berhadap hati kepada Allah sebagai ibadah dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. 

Bahkan dalam sebuat hadis ditulis Imam Malik bin Anas al-Ashbani al-Madani (179 H) dalam karyanya Muwattha' al-Iman Malik (juz 1, hal.173) disebutkan.


أَوَّل مَا يُنْظَرُ فِيهِ مِنْ عَمَلِ الْعَبْدِ الصَّلَاةُ. فَإِنْ قُبِلَتْ مِنْهُ، نُظِرَ فِيمَا بَقِيَ مِنْ عَمَلِهِ. وَإِنْ لَمْ تُقْبَلْ مِنْهُ، لَمْ يُنْظَرْ فِي شَيْءٍ مِنْ عَمَلِهِ

Artinya:
"Amal yang pertama kali dinanti-nantikan (di akhirat kelak) adalah amal shalat. Bila shalat dinyatakan diterima, maka ada harapan untuk menunggu keputusan amal yang lain. Namun, bila tak diterima, maka tiada gunanya menanti amal-amal lainnya."

Kemudian, untuk melaksanakan salat tentu ada tata cara pelaksanaannya dan bacaan doanya. Berikut tata cara dan bacaan salat yang benara

1. Berdiri tegak mengahadap kiblat dan  membaca niat mengerjakan salat. Niat yang dibaca pun sesuai dengan salat yang sedang dikerjakan. Misalanya salat subuh dan sebagainya. Kemudian, niat salat dibaca dalam hati. 

2. Mengangkat kedua belah tangan serta membaca "Allahu Akbar"

اللهاكبر
Allaahu akbar.

Artinya : "Allah Maha Besar"

3. Setelah takbiratul ihram kedua belah tangannya disedekapkan pada dada, kemudian membaca doa iftitah.

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن

Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laa syariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.

Artinya: 
"Sesungguhnya aku menghadapkan mukaku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri, dan bukannya aku termasuk dalam golongan musyrik. Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, karena itu aku rela diperintah dan aku ini adalah golongan orang Islam."

Setelah membaca doa iftitah kemudian membaca surat Al-Fatihah sebagai berikut.

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Arab-Latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya: 
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral