Ustaz Adi Hidyat sedang Menerangkan Syuruq.
Sumber :
  • Istimewa/kanal youteb Adi Hidayat Official

Ini Waktu yang Tepat dan Terbaik untuk Kerjakan Sholat Dhuha, Ustaz Hadi Hidayat: Akan Berpeluang Masuk Surga 

Kamis, 13 Oktober 2022 - 09:36 WIB

Jakarta - Makna Dhuha, ialah nama untuk awal siang hari (pagi). Sementara, sholat dhuha dalam fiqih adalah sholat sunnah yang dilakukan di waktu dhuha. Yakni, mulai matahari terbit seukuran tujuh hasta atau 2,5 meter sampai waktu zawal atau saat matahari tergelincir ke arah barat.

Namun, waktu yang tepat dan terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha yakni sejak waktu syuruq atau dikatakan awal dhuha. Hal itu diungkapkan ustaz Adi Hidayat saat menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk kerjakan sholat dhuha kepada jemaah.

"Syuruq itu awal dhuha, ingat ya. Jadi waktu syuruq itu saat perjalanan matahari yang mulai bergerak dari mulai fajar atau matahari terbit, sampai pada tempat posisi terbitnya. Sampai bergeser lagi, sekira bayangan itu, itu satu tombak kurang lebih. Kalau kita tanam tombak sampai kokoh, ada matahari bayangannya, sudah satu tombak itu ya, nah itu waktunya syuruq namanya," ungkap ustaz Adi Hidayat seperti yang dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Kamis (13/10/2022).

"Pergerakan matahari namanya israq, berada di porosnya namanya masdiq. Bayangan yang satu tombak ini itu sudah masuk waktu syuruq, syuruq itu awal dhuha," sambung ustaz Adi Hidayat dalam menjelaskan.

Lalu, dijelaskan kembali oleh ustaz Adi Hidayat, di awal dhuha ini ada sebuah kemulian dan itu ada hadisnya. Bahkan hadisnya sangat sahi dan hadisnya di At-Rimidzi. 

"Siapa yang menunaikan sholat subuh berjamaah, sementara di hadis lain di Masjid. Jadi ada dua diksi di hadis ini. Satu ditunaikan berjamaah, satu lagi di masjid. Saya megambil jalan tengahnya saja, yang preriotas itu adalah masjid. Tetapi kalau ada udzur tidak memungkinkan ke masjid, nah biasanya kalau udzur ini digambarkan perempuan yang tidak memungkinkan ke masjid karena alasan-alasan toleransi syariat dan itu nanti banyak riwayat yang menyebutkan," jelasnya. 

Kemudian dia katakan, apabila ingin mendapatkan waktu syuruq atau waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat dhuha, maka kerjakan berjamaah di rumah. Hal itu bisa dilakukan dengan pasangan dan anak-anak atau dengan asisten rumah tangga untuk laksanakan sholat dhuha di rumah di waktu syuruq. Namun, ia katakan yang lebih baik di lakukan di masjid. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral