ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik/odua

Bacaan Sholawat Hajjiyah, Amalan untuk Menyampaikan Hajat Seseorang yang Ingin Pergi Ke Tanah Suci

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:53 WIB

tvOnenews.com, Religi - Mengamalkan bacaan sholawat atas Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam merupakan salah satu anjuran karena bisa mendatangkan pahala.

Anjuran untuk membaca sholawat juga disebutkan dalam Quran surat Al-Ahzab, Allah SWT berfirman,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (Q.S Al- Ahzab : 56)

Dalam sebuah hadits dari 'Abdullah bin 'Amr, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda untuk terus bersaholawat kepadanya. Tujuannya agar nanti di akhirat kita akan mendapatkan syafa'at, dan tidak ada selainnya.

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

Artinya: "Barang siapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti."

Sholawat Hajjiyah sendiri merupakan amalan yang dikerjakan untuk menyampaikan hajat menunaikan ibadah haji ke Makkah al-Mukarramah.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral