ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

Bacaan Doa Qunut saat Sholat Subuh dan Keutamaan ketika Mengamalkannya

Minggu, 30 Oktober 2022 - 09:54 WIB

tvOnenews.com, Religi -  Doa qunut subuh merupakan doa yang dipanjatkan di saat sholat subuh, pada saat bangkit dari ruku’ sebelum sujud di rakaat terakhir. Sebagaimana dijelaskan,

"Doa qunut disunnahkan setelah bangkit dari ruku' pada rakaat kedua dari shalat shubuh, begitu pula pada rakaat terakhir dari shalat witir pada separuh terakhir dari bulan Ramadhan," (Raudhah al-Thalibin I/93) diutip dari laman VIVA.co.id pada Minggu (30/10/2022).

Arti kata qunut sendiri, dalam bahasa Arab memiliki banyak arti, di antaranya berdiri, tunduk, taat, dan diam. Doa qunut dibaca untuk memohon berkah, ampunan, dan perlindungan kepada Allah SWT.  

Menurut Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar, hukum doa qunut adalah sunnah muakkad dan disyariatkan dalam Islam. Sementara itu, doa qunut ada tiga jenis, yaitu doa qunut sholat subuh, doa qunut nazilah serta doa qunut witir yang dibaca pada separuh bulan Ramadhan hingga berakhirnya bulan puasa tersebut. 

Doa Qunut saat Sholat Subuh


img: iStockPhoto

Ketika sholat subuh, doa qunut dibaca sebelum sujud di rakaat terakhir dalam posisi berdiri (iktidal). Ketika shalat berjamaah, doa qunut dibaca dengan bersuara oleh imam sholat dan diikuti oleh makmum.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral