Ilustrasi Berzinah.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Wajib Diketahui Para Lelaki, Ini Hukum Islam tentang Menikahi Wanita yang Dizinahi Lebih Dulu

Minggu, 6 November 2022 - 20:48 WIB

Religi - Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula polemik dan semakin banyak juga yang mengabaian hukum-hukum agama Islam. Bahkan, hampir sebagian manusia saat ini senang melakukan perzinahan. 

Terutama dalam melakukan seks bebas, bahkan, sampai hamil di luar nikah. Hal ini dikarenakan, hampir sebagian manusia, terutama sebagian umat Islam mengesampingkan aturan-aturan dan hukum agama. 

Selain itu, ada juga ditemui kasus, di mana sang lelaki menikhai wanita yang dizinahi terlebih dahulu. Namun, hal ini banyak dilakukan tetapi tidak mengetahui hukumnya dalam agama Islam. 

Dilansir dari berbagai sumber persoalan tersebut,  terjawab dalam kitab Al-Majmû’ Syarh Al-Muhadzdzab. Hukum menikah dengan pasangan yang pernah dizinahi adalah tidak haram. Disebutkan bahwa Imam Nawawi menuturkan sebagai berikut.

“Bila seorang laki-laki berzina dengan seorang perempuan maka tidak haram menikahi perempuan yang dizinai itu, berdasarkan firman Allah “dihalalkan bagi kalian apa-apa yang selain itu semua”. 

Sayidatina Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang berzina dengan seorang perempuan. Laki-laki itu ingin menikahi sang perempuan atau anak perempuannya.

Maka Rasulullah bersabda “apa yang haram tidak menjadikan apa yang halal menjadi haram. Yang diharamkan hanyalah apa-apa yang terjadi karena zina menikah dan anak perempuan dari perempuan yang berzina. Juga perempuan yang berzina itu tidak haram dinikahi bagi anak laki-laki dan bapaknya laki-laki yang menzinai, berdasarkan ayat dan hadits.” (Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Majm?’ Syarh Al-Muhadzdzab, [Kairo: Darul Hadis, 2010], juz XVI, h. 485).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral