Kurma Sebagai Menu Berbuka Puasa.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Jangan Sepelekan Puasa Senin Kamis, Berikut Niat dan Alasan Mengapa Dikerjakan

Rabu, 21 Desember 2022 - 16:40 WIB

tvOnenews.com - Bagi umat Islam sangat dianjurkan menunaikan puasa sunnah . Seperti puasa Senin dan Kamis. 

Ustaz Abdul Somad (UAS) juga mengajak umat Islam untuk menunaikan puasa sunnah. Baik puasa Senin dan Kamis serta lainnya. 

Lalu, dia sebutkan, mengapa Rasulullah SAW melaksanakan puasa sunnah pada Senin dan Kamis. Ia katakan, nabi menjawab bahwa dia puasa sunnah pada hari Senin karena itu hari lahirnya.

"Dan pada hari Senin nabi dibangkitkan dan di hari Senin juga nabi diberi wahyu. Sementara mengapa nabi puasa sunnah di hari Kamis karena di hari Kamis segala catatan amal diangkat di hari kamis, dan nabi suka saat amalnya diangkat dia dengan keadaan berpuasa," ujar ustaz Abdul Somad seperti yang dilansir dari Audio Aswaja, Rabu (21/12/2022). 

Senada apa yang dikatakan ustaz Adi Hidayat, nabi SAW menyerahkan amalannya dengan keadaan berpuasa. Mengapa demikian, karena kebiasaan orang berpuasa punya dua keistimewaan.

"Satu, orang puasa sering meningkatkan amal solehnya, kedua inti puasa itu mencegah  berbuat maksiat," pungkas ustaz Adi Hidayat, seperti yang dilansir dari kanal YouTube Indonesia Mengaji, Rabu (21/12/2022). 

Akan tetapi, anda juga harus mengetahui, mengapa ada puasa pada hari Senin dan puasa di hari Kamis? 

Buya Yahya jelasan, alasan mengapa adanya puasa Senin Kamis, karena pada itu hari Senin merupakan hari nabi dilahirkan. 

Sebab, ia menuturkan bahwa menunjukkan kelahiran hari nabi ada nilainya, jika tidak ada mengapa disebut dan disambungkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral