Ilstrasi Mandi Wajib.
Sumber :
  • Istimewa

Niat dan Tata Cara Mandi Wajib, Begini Hukumnya dalam Islam

Rabu, 18 Januari 2023 - 04:32 WIB

tvOnenews.com - Dalam ceramah ustaz Arrazy Hasyim menjelaskan, mandi wajib begitu diwajibkan ketika setelah berhubungan intim pada suami istri.

Bahkan dia sebutkan, orang yang baru masuk Islam juga diwajibkan mandi wajib. Hal ini lantaran, pada masa lalu, Nabi SAW ketika ada mualaf atau orang yang baru masuk Islam juga disuru beliau mandi wajib.

"Berarti dia kufur, sekarang dimandikan. Sama halnya seperti orang yang baru melakukan hubungan suami istri dan menikmati kenikmatan dan diwajibkan untuk mandi wajib. Mengapa? karena disaat dia merasakan kelezatan, dia lupa kepada Allah SWT, maka dia wajib mandi lagi," kata ustaz Arrazy Hasyim, seperti yang dikutip dari At-Tirfasy Channel,  Rabu (18/1/2023).  

Sementara, ustaz Khalid Basalamah jelaskan, mandi junub tak boleh di tunda-tunda apabila sudah berhubungan badan atau intim dengan pasangan halalnya.

Dijelaskannya kembali, Rasullullah SAW pernah berkata, apabila hendak mandi wajib atau junub harus disegerakan.

"Hendaklah dia berwudhu kemudian dia tidur sebelum dia mandi, jika ia mau, hadits ini diriwayat kan Imam Muslim halam 429," jelas Khalid Basalamah soal melaksanakan mandi wajib atau junub seperti yang dikutip dari kanal YouTube Ht Z.

Di samping itu, dilansir dari berbagai sumber, alasan mengapa diwajibkan untuk melakukan mandi junub atau mandi wajib setelah bertemunya dua khitanan atau bersetubuh. 

Sebab, apabila tidak dilaksanakan mandi wajib dan junub setelah bersetubuh, maka ketika menunaikan ibadah sholat tidak sah. 

Tak hanya itu saja,  mandi junub juga wajib dilakukan, apabila keluarnya air mani disebabkan bersetubuh atau dengan lain-lain sebab. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
03:57
02:09
12:33
02:09
08:03
Viral