Atlet Sleman saat berlatih olahraga Petanque..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Mengenal Petanque, Olahraga Asal Perancis yang Mulai Digemari di Sleman

Kamis, 3 Maret 2022 - 21:06 WIB

Sleman, DIY - Petanque mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Cabang olahraga melempar ini memang tidak sepopuler olahraga lain seperti sepakbola dan bulutangkis.

Akan tetapi olahraga satu ini ternyata sudah diperlombakan di berbagai ajang internasional seperti Sea Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Petanque rencananya juga akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

Petanque sendiri adalah olahraga yang berasal dari Perancis. Setelah masuk ke Indonesia, Petanque mulai menyebar ke sejumlah daerah termasuk di Sleman, Yogyakarta.

Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Sleman Ani Martanti menyatakan, Petanque sejenis olahraga kelereng tapi menggunakan bola besi dengan ukuran lebih besar.

"Pentague ini olahraga yang kalau orang Jawa bisa dikatakan seperti nekeran (kelereng). Jadi dia dengan bola besi kemudian dilempar ke target, bola yang paling deket dengan target itulah pemenangnya," katanya kepada wartawan, Kamis (3/3/2022).

Dijelaskan Ani, olahraga ini bisa dimainkan dalam kategori individual maupun beregu. Adapun anggota timnya bisa single, double, hingga triple.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral