Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Tidak Diberi Izin Acara, Deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi Karawang Batal | tvOne

Rabu, 30 September 2020
Oleh :

Karawang, Jawa Barat – Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI di Tugu Proklamasi di Rengasdengklok, Karawang, batal diadakan karena tidak mendapat izin dari pihak berwenang. Sebab lokasi tempat kegiatan berlangsung masih berstatus zona merah, sehingga tidak boleh ada perkumpulan manusia. Padahal panitia telah melakukan sejumlah persiapan untuk acara itu. Deklarasi rencananya akan dihadiri langsung oleh Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Kegiatan yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB itu molor hingga pukul 11.00 WIB. Tetapi sebelum kegiatan dimulai, ada penolakan dari sekelompok orang yang mengaku sebagai organisasi massa GIBAS. Dengan mengatasnamakan masyarakat Karawang mereka mengklaim bahwa warga menolak deklarasi KAMI di wilayahnya.

Tak hanya GIBAS, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Karawang, Satpol PP, Polisi dan TNI juga turut mengimbau peserta deklarasi untuk membubarkan diri. Petugas tak memberikan izin karena ada pengumpulan orang yang bertentangan dengan protokol kesehatan di masa pandemi.

Sebelumnya, Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin juga sudah mengatakan bahwa kepolisian tidak mengeluarkan izin keramaian untuk deklarasi KAMI di Rengasdengklok karena status Karawang masih darurat Covid-19.

Sebelumnya, deklarasi KAMI di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, 28 September 2020, juga dibubarkan kepolisian, karena tidak mengantongi izin, dianggap melanggar protokol kesehatan, serta untuk menghindari bentrokan dengan kelompok lain.

Pengamat Kepolisian Dr  Edi Hasibuan memiliki pendapat mengenai pembubaran KAMI di Surabaya.

"Kami melihat tindakan tegas Polda Jatim yang membubarkan deklarasi KAMI di Surabaya sangat tepat. Kami paham, tindakan itu demi keamanan masyarakat setempat, " kata Edi dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Senin malam.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) ini mengatakan sejumlah tokoh KAMI tengah mencari panggung namun tidak memiliki hati nurani sehingga kegiatannya cenderung melanggar protokol kesehatan.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini juga mengatakan alasan lain pembubaran kegiatan itu adalah adanya kelompok masyarakat lain yang menolak kehadiran KAMI.

"Tindakan tegas kepolisian setempat didukung masyarakat karena dikhawatirkan terjadi bentrokan antarmassa. Masyarakat di sana juga menilai kegiatan KAMI merupakan gerakan politik berkedok gerakan moral," katanya. (act)

(Lihat juga: DEKLARASI KAMI DI "MARKAS JOKOWI" ADIAN: INI BUKAN GERAKAN MORAL SEMATA-MATA)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
19:30

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang & Erina

Kaesang Pangarep akan melaksanakan pernikahannya dengan Erina Gudono pada (10/12/2022). Berikut rangakain lengkap pernikahan Kaesang dan Erina.
img_title
01:51

Sambo Mengklaim Tidak Ikut Tembak Yosua

Terdakwa kasus dugaan pembunuhan Brigadir J yaitu Ferdy Sambo mengklaim dirinya tidak ikut menembak Brigadir J.
img_title
06:16

Ferdy Sambo Jadi Saksi Sidang Hendra Kurniawan CS

Ferdy Sambo dijadwalkan hadir sebagai saksi untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nur Patria dalam persidangan hari ini (08/12/2022).
img_title
03:28

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Sukabumi

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,8 terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022).
img_title
07:58

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Jokowi yaitu Kaesang Pangarep mengikuti acara wilujengan menjelang pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo. Jawa Tengah.
img_title
05:29

Jaksa Tunjukkan Baju Dinas dan Senjata yang Dipakai Ferdy Sambo Saat Penembakan Brigadir J

Dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir J, JPU menyerahkan sejumlah barang bukti kepada Ferdy Sambo berupa baju dinas dan senjata.
img_title
01:07

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus TKW Ilegal di Bogor

2 orang ibu rumah tangga asal Bandung dan Bogor ditangkap Sat Reskrim Polres Bogor karena dugaan praktik perdagangan manusia ilegal.  
img_title
02:03

Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Icha yang Jasadnya Dibuang Rudolf di Kolong Tol Becakayu

Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan di Apartemen Green Pramuka.
img_title
02:01

Tersisa Bagian Atap, Abu Vulkanik Kubur Rumah Warga

Dampak dari erupsi disertai a panas guguran (APG) Gunung Semeru menimbun puluhan rumah di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.
img_title
01:42

Ismail Bolong jadi Tersangka dan Ditahan di Rutan Mabes Polri

Usai pemeriksaan hingga pukul 01.45 WIB, Rabu (7/12/2022) tadi pagi, Ismail bolong resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Mabes Polri.
img_title
03:09

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Pernah Dipenjara 4 Tahun

Aparat kepolisian sudah mengantongi identitas pelaku yang disebut terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Barat. Agus diketahui merupakan tersangka dalam kasus bom Cicendo dan pernah ditahan selama 4 tahun di LP Nusa Kambangan.
img_title
05:13

Ferdy Sambo Cerita Curhatan Putri Candrawathi 'Brigadir J Masuk Kamar Ancam Istri Saya'

Ferdy Sambo akhirnya bersaksi secara langsung mengenai latar belakang terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Yosua Hutabarat.
img_title
06:16

Pelaku Bom Bunuh Diri Agus Sujatno Sempat Tinggal bersama Sang Kakek di Cibangkong, Bandung

Identitas terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar sudah terungkap. Dia bernama Agus Sujatno (34) yang memiliki alamat di wilayah Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.
img_title
02:52

Ledakan Bom Menewaskan 2 Orang, Wali Kota Bandung Imbau Warga

Aksi bom bunuh diri terjadi tadi pagi di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat. Selain menewaskan seorang pelaku aksi teror ini juga menewaskan satu petugas kepolisian dan melukai sejumlah aparat yang bertugas.
img_title
12:34

Hakim Tanya Alasan Ferdy Sambo Panggil Ricky Rizal dan Bharada E

Pada sidang sebelumnya, Ricky Rizal mengaku sempat diperintah oleh Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 
img_title
08:40

Suasana Sepi di Sekitar Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar

Identitas terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar sudah terungkap. Dia bernama Agus Sujatno (34) yang memiliki alamat di wilayah Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.
img_title
14:26

Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung Terafiliasi JAD

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat terafiliasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 
img_title
12:15

Sambo Akui Membuat Skenario Tembak-Menembak

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengklaim dirinya membuat skenario tembak-menembak untuk menyelamatkan Richard Eliezer. Hal itu disampaikan Ferdy Sambo saat bersaksi di PN Jakarta Selatan.
img_title
45:04

Ferdy Sambo Bersaksi di Persidangan Bharada E, RR, dan KM

Sidang kasus pembunuhan Brigadir J kembali digelar pada hari ini dengan agenda konfrontir Sambo dengan anak buahnya.
img_title
11:03

Keterangan Saksi Mata Soal Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Salah seorang saksi sekaligus ketua RW setempat, Agus Budi, menceritakan apa yang didengarnya saat ledakan yang diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung meledak.
Jangan Lewatkan
Pihak Kuat Maruf Tak Terima Penilaian Hakim, Irwan Irawan: Harus Diuji

Pihak Kuat Maruf Tak Terima Penilaian Hakim, Irwan Irawan: Harus Diuji

Kuasa hukum Kuat Maruf, Irwan Irawan melaporkan Hakim Wahyu Iman Santoso karena diduga melanggar kode etik persidangan ke KY dan Badan Pengawasan Mahkawah Agung
Wah Pasca Perceraian dengan Sule, Nathalie Holscher Makin Dekat dengan Pacar Baru, Sudah Siapkan Rencana ini…

Wah Pasca Perceraian dengan Sule, Nathalie Holscher Makin Dekat dengan Pacar Baru, Sudah Siapkan Rencana ini…

Nathalie Holscher terlihat semakin mesra dengan pasangan barunya bernama Fariz Utama. Mantan istri Sule itu kini menjadi lebih selektif dalam memilih pasangan.
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan ke 8.100 Korban Gempa Cianjur

Presiden Jokowi Serahkan Bantuan ke 8.100 Korban Gempa Cianjur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022) menyerahkan uang bantuan tahap pertama untuk 8.100 orang korban gempa Cianjur.
Surya Paloh Dipastikan Tak Hadir ke Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Surya Paloh Dipastikan Tak Hadir ke Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Surya Paloh mendapat surat undangan acara resepsi pernikahan Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono. Namun, dia dipastikan tidak dapat menghadiri acara tersebut
Fariz Utama Unggah Foto Jadul Bersama Nathalie Holscher, Netizen: Definisi Kutunggu Jandamu!

Fariz Utama Unggah Foto Jadul Bersama Nathalie Holscher, Netizen: Definisi Kutunggu Jandamu!

Nathalie Holscher mantan istri Sule ternyata sudah memiliki pasangan baru bernama Fariz Utama. Bukan orang baru, ternyata Fariz Utama merupakan mantan pacar....
Nasib Ratusan Karyawan Terancam PHK Massal soal Lelang Aset Ensterna oleh KPKNL

Nasib Ratusan Karyawan Terancam PHK Massal soal Lelang Aset Ensterna oleh KPKNL

KPKNL Surabaya mempertimbangkan nasib ratusan karyawan PT Graha Benua Etam (GBE) dalam eksekusi lelang aset PT Ensterna yang dijaminkan oleh Bank Panin
Jelang Pemutaran Flm Avatar, Syarat PCR di Beijing Dibatalkan

Jelang Pemutaran Flm Avatar, Syarat PCR di Beijing Dibatalkan

Otoritas Kota Beijing menghapus persyaratan tes negatif PCR bagi para pengunjung bioskop mulai Rabu (7/12/2022) malam menyusul kebijakan serupa yang diberlakukan di tempat umum.
Seorang Pegawai Terluka Saat Kebakaran Melanda Gedung Kemenkumham

Seorang Pegawai Terluka Saat Kebakaran Melanda Gedung Kemenkumham

Seorang pegawai dikabarkan terluka saat kebakaran melanda Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Kamis (8/12/2022).
Presiden Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa untuk Korban Cianjur

Presiden Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa untuk Korban Cianjur

Presiden Joko Widodo meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).
MAPPI Yatim Gandeng Wagub Jatim, Dorong Pengesahan RUU Penilai, Jamin Layanan Publik

MAPPI Yatim Gandeng Wagub Jatim, Dorong Pengesahan RUU Penilai, Jamin Layanan Publik

Masyarakat Profesi Penilai Indonesia Jawa Timur (MAPPI Jatim), gelar forum diskusi bersama pakar dan stakeholer pemerintahan, untuk pengesahan RUU penilai
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Dua Sisi
21:00 - 22:00
Kabar Utama
Selengkapnya