Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Menaker: Jangan Percaya Berita Menyesatkan tetang UU Cipta Kerja | tvOne

Kamis, 8 Oktober 2020
Oleh :

Jakarta,- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyayangkan unjuk rasa buruh yang digelar di tengah pandemi covid-19. Menaker juga mengajak perwakilan buruh untuk duduk bersama membahas undang undang cipta kerja yang baru disahkan, karena banyak informasi yang salah dipahami para buruh.

“Aspirasi temen teman sudah kami akomodasi. Banyak berita yang beredar di kalangan pekerja atau buruh jauh dari kenyataannya. Semua yang dituntut temen temen buruh sudah kami akomodasi. Jadi ketia semua sudah kami akomodasi semaksimal mungkin, temen temen buruh turun ke jalan menjadi tidak relevan,” kata Ida.

Ia menambahkan, semua masukan buruh melalui forum tripapartit nasional sudah diakomodir semua dalam undang undang Cipta Kerja.

Selain itu, Menaker menjelaskan bahwa terdapat sejumlah perlindungan tambahan kepada pekerja dalam UU Cipta Kerja yang sebelumnya tidak diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Menurut Menaker, UU Cipta Kerja itu tetap mengatur ketentuan perlindungan hak bagi pekerja atau buruh Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang menjadi dasar penyusunan perjanjian.

Adapun tambahan tersebut di antaranya untuk pekerja atau buruh PKWT diberikan perlindungan tambahan berupa kompensasi ketika masa PKWT berakhir. “Ada tambahan baru yang tidak dikenal dalam UU Nomor 13 Tahun 2003, yang justru memberikan perlindungan pada pekerja PKWT yaitu kompensasi ke pekerja/buruh saat berakhirnya PKWT,” kata Menaker.

Dalam UU Cipta Kerja itu, lanjut dia, juga memasukkan prinsip pengalihan perlindungan hak bagi pekerja/buruh apabila terjadi pergantian perusahaan alih daya sepanjang obyek pekerjaan masih ada.

Menaker juga menyebutkan bahwa syarat-syarat perizinan perusahaan alih daya yang terintegrasi dalam Online Single Submission (OSS) juga diatur dalam UU Cipta Kerja ini sehingga ada pengawasan kepada perusahaan outsourcing yang tidak terdaftar.

UU Cipta Kerja, kata dia, juga mengatur ketentuan baru terkait pengaturan waktu kerja dan istirahat pada sektor usaha dan pekerjaan tertentu di era ekonomi digital, dan mengakomodasi tuntutan dari pekerja/buruh.

Tak hanya itu, perlindungan tambahan baru yakni UU Cipta Kerja ini menghapus ketentuan mengenai penangguhan pembayaran upah minimum. “Tidak bisa ditangguhkan. Itu clear di UU Cipta Kerja,” kata Menaker.

Untuk memberikan penguatan perlindungan kepada pekerja/buruh, lanjutnya, Omnibus Law ini juga mengatur ketentuan pengupahan bagi sektor usaha mikro dan kecil. “Perlindungan itu tidak hanya pada pekerja formal saja, juga harus memastikan perlindungan bagi pekerja sektor usaha mikro kecil,” kata Menaker.

Dalam UU Cipta Kerja juga mengatur ketentuan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja, selain pesangon yang diberikan pengusaha.

“Adanya skema di samping pesangon yang diberikan pengusaha, pekerja mendapatkan JKP yang ini tidak dikenal dalam UU 13 tahun 2003,” kata Menaker lagi. (ito)

(Lihat Juga: Kritik UU Cipta Kerja, Mardani nilai seperti abunawas mencari cincin hilang)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
00:59

Presiden Jokowi Ingatkan Menteri Waspada Lonjakan Harga Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo mengingatkan para menterinya untuk mewaspadai lonjakan harga beras dan minyak goreng. 
img_title
01:31

Anggota TNI-Polri Terseret Arus, Satu Korban Ditemukan Tewas

Tim pencarian gabungan TNI-Polri dibantu oleh warga sekitar menemukan satu dari 4 korban anggota TNI-Polri yang hanyut terseret arus Sungai Digul. 
img_title
02:31

Mantan Wali Kota Dalang Perampokan, Kuasa Hukum Klaim Kejanggalan

Tersangka otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan ke PN Blitar karena dinilai tak mencukupi 2 alat bukti.
img_title
01:06

Mobil Tabrak Pengendara Motor Ibu & Anak, Satu Tewas

Sebuah mobil menabrak sepeda motor di Jalan M Saidi Raya Petukangan Selatan, Jakarta Selatan hingga menewaskan seorang penumpang motor. 
img_title
03:31

Jaksa Tolak Pleidoi Bharada Eliezer, Ini Alasannya

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai bahwa perintah untuk menembak Yosua ke Eliezer tidak masuk dalam kategori majikan yang memaksa bawahannya.  
img_title
03:20

Kasus Gagal Ginjal Anak, Polisi Tetapkan 4 Tersangka Perorangan dan 5 Korporasi

Bareskrim Polri menetapkan 5 tersangka korporasi dan 4 tersangka perorangan atas kejadian ini. Direktur Tindak Pidana Tertentu bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto menjelaskan peran masing-masing tersangka.
img_title
02:27

Usulan Biaya Haji 2023 Naik Jadi Rp69 Juta, BPKH Siap Jalankan Keputusan Ongkos Haji

Pemerintah dan DPR belum juga memutuskan biaya haji di tahun 2023 ini. Namun usulan kenaikan biaya Haji hingga Rp69 juta tidak mempengaruhi persiapan yang dilakukan BPKH.
img_title
07:05

Polda Metro Bentuk Tim Pencari Fakta Terkait Kecelakaan Maut Mahasiswa UI

Polisi akan membentuk tim pencari fakta untuk mengungkap kasus kecelakaan yang menimpa mahasiswa Universitas Indonesia dengan Purnawirawan Polisi.
img_title
01:25

Aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda kembali Meningkat

Aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung kembali meningkat sejak sepekan terakhir.
img_title
05:40

Merasa Dianggap Perempuan Tidak Bermoral, JPU Bantah Tuduhan Putri Candrawathi

JPU menilai nota pembelaan terdakwa Putri Chandrawathi terkesan memaksakan jaksa untuk menyelami motif perkara pembunuhan terhadap Brigadir J.
img_title
06:48

JPU Tidak Mendapatkan Bukti Pelecehan Putri Candrawathi dari Pengacara

aksa penuntut umum (JPU) memberikan jawaban atas pembelaan terdakwa Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua.
img_title
15:35

Kejujuran Dibayar 12 Tahun, JPU Sudah Mempertimbangkan Rekomendasi LPSK

Jaksa menjelaskan pleidoi penasihat hukum Bharada E harus dikesampingkan. Menurut jaksa, pembelaan dari kuasa hukum Bharada E pun dianggap tidak memiliki dasar yuridis yang kuat.
img_title
23:56

Pleidoi Putri Bertajuk "Surat dari Balik Jeruji", Ditolak Mentah-mentah JPU

Jaksa meminta majelis hakim mengabaikan nota keberatan terdakwa Putri Candrawathi. Vonis penjara delapan tahun dalam dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dinilai pantas untuknya.
img_title
10:26

Mengiris Hati, Cerita Ibunda Ketika Terduga Pelaku Menolak Bawa Alm. Hasya ke RS

Seorang mahasiswa UI (Universitas Indonesia), Muhammad Hasya Atallah, telah tewas dalam kasus kecelakaan karena diduga telah tertabrak oleh kendaraan milik seorang pensiunan polisi.
img_title
01:51

Proses Pencarian 4 Anggota TNI-Polri Hanyut Terbawa Arus Sungai

Saat ini tim gabungan TNI Polri masih mencari keempat korban tersebut. Tiga anggota polisi dan satu anggota TNI yang dilaporkan hanyut terbawa Sungai Digoel Kabupaten Pegunungan Bintang.
img_title
19:33

Giliran PC dan Eliezer Ajukan Pembelaan, Pakar Hukum Pidana Buka Suara

Hari ini, Senin (30/1/2023), sidang replik Putri Candrawathi dan Richard Eliezer digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).
img_title
02:16

Berani-Beraninya! Gerombolan Pria Berbekal Sajam Hadang Mobil Polisi

Gerombolan orang bersenjata tajam menghadang kendaraan aparat Polres Lamandau usai menangkap dua orang pelaku pencurian buah sawit.
img_title
02:53

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Polisi Amankan 7 Suporter Persita

Bus rombongan pemain dan Official Persis Solo diserang oleh sejumlah orang di wilayah Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Polisi menangkap tujuh orang yang diduga melakukan penyerangan tersebut.
img_title
02:02

Sopir Mobil Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur Menyerahkan Diri

Polisi menetapkan pengemudi mobil Audi yang kendaraannya menabrak seorang mahasiswi di Cianjur, Jawa Barat sebagai tersangka.
img_title
02:35

Presiden Jokowi & Megawati Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2023

Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan Imlek Nasional 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk terus bergerak bangkit dalam memulihkan ekonomi nasional.
Jangan Lewatkan
Replik JPU Bagaikan Menyusun Novel, Bunyi Duplik Pihak Kuat Ma'ruf

Replik JPU Bagaikan Menyusun Novel, Bunyi Duplik Pihak Kuat Ma'ruf

Pihak terdakwa Kuat Ma'ruf menuding uraian replik dari jaksa penuntut umum (JPU) bagaikan menyusun novel soal isu perselingkuhan antara Putri Candrawathi dengan Yosua Hutabarat alias Brigadir J.
Pakar: 35 Persen Penyebab Gangguan Kesuburan Faktor Laki-Laki

Pakar: 35 Persen Penyebab Gangguan Kesuburan Faktor Laki-Laki

Gangguan ketidaksuburan jadi momok bagi banyak orang, terutama bagi yang ingin memiliki keturunan. Sebanyak 35 persen penyebab terbanyak adalah faktor laki-laki
Soal Pengganti Shin Tae-yong, PSSI Belum Tunjuk Pelatih Timnas untuk SEA Games 2023

Soal Pengganti Shin Tae-yong, PSSI Belum Tunjuk Pelatih Timnas untuk SEA Games 2023

SEA Games 2023 Kamboja tinggal tiga bulan lagi. Namun PSSI belum menetapkan siapa akan menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23.
Polda Metro Jaya Kembali Temukan Korban Penipuan Wowon Cs, Begini Kondisinya Sekarang

Polda Metro Jaya Kembali Temukan Korban Penipuan Wowon Cs, Begini Kondisinya Sekarang

Polda Metro Jaya kembali menemukan korban penipuan Wowon Cs. Korban penipuan Wowon Cs itu merupakan tenaga kerja wanita (TKW) bernama Evi. Evi diketahui masih bekerja di luar negeri.
Ibu Norma Risma Pernah Diminta Lakukan Hal Keterlaluan ini oleh Rozy, Padahal Dia Baru Selesai Mandi

Ibu Norma Risma Pernah Diminta Lakukan Hal Keterlaluan ini oleh Rozy, Padahal Dia Baru Selesai Mandi

Ya, sebelumnya baik Rozy Zay dan ibunda Norma Risma, Rihanah Anah sama-sama menyangkal perselingkuhan, seperti yang diungkap Norma. Tapi selihai apapun dia. . .
Ramalan Zodiak Besok Hari Rabu 1 Februari 2023, Aries, Taurus, Gemini, Cancer Akan Menerima Hadiah Tak Terduga

Ramalan Zodiak Besok Hari Rabu 1 Februari 2023, Aries, Taurus, Gemini, Cancer Akan Menerima Hadiah Tak Terduga

Ramalan zodiak besok hari Rabu, 1 Februari 2023, mengutip dari laman Prokerala. Bagaimana ramalan zodiak Anda besok? Ini zodiak Aries, Taurus, Gemini, Cancer.
Marselino Ferdinan ke Luar Negeri, Direktur Teknik PSSI Doakan Langkah yang Tepat

Marselino Ferdinan ke Luar Negeri, Direktur Teknik PSSI Doakan Langkah yang Tepat

Direktur Teknik PSSI terkejut mengetahui gelandang muda Timnas Indonesia mau berkarier di luar negeri. Indra Sjafri berharap Marselino Ferdinan langkah tepat.
Berita Foto: Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Untuk Menjalani Sidang Agenda Duplik, Selasa (31/01/2023).

Berita Foto: Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Untuk Menjalani Sidang Agenda Duplik, Selasa (31/01/2023).

Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Untuk Menjalani Sidang Agenda Duplik, Selasa (31/01/2023).
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Puncak Perayaan HUT ke-8 PSI

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Puncak Perayaan HUT ke-8 PSI

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Djakarta Theater, Selasa (31/1/2023).
Produksi Lada di Kabupaten Belitung Semakin Pesat, Petani Sasar Peluang Ekspor

Produksi Lada di Kabupaten Belitung Semakin Pesat, Petani Sasar Peluang Ekspor

Lada merupakan salah satu komoditas perkebunan yang berperan penting dalam pertumbuhan perekenomian negara.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
Selengkapnya