LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Kecelakaan Kapal Selam Pertama di Indonesia, Pengamat: Masalah Usia Tidak Menjadi Suatu Alasan

Kamis, 22 April 2021

Jakarta - Keberadaan Kapal Selam Nanggala 402 yang membawa 53 awak Kapal, masih belum diketahui setelah  hilang kontak pada Rabu (21/4) dini hari, sesaat setelah mendapat persetujuan penyelaman di perairan laut Bali. Titik koordinat hilangnya kapal Selam diketahui berada sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari arah utara pulau Bali. Dan ini adalah kali pertama hilangnya Kapal Selam di Indonesai.

Kapal selam KRI Nanggala dibuat pada tahun 1977 oleh pabrik Howaldtswerke di kota Kiel, Jerman Barat. Berdasarkan spesifikasi pabrik, KRI Nanggala termasuk Kapal Selam tipe u-209/1300. Kapal Selam tempur ini,  kemudian bergabung dengan TNI Angkatan Laut sejak tahun 1981 dan diberi nama Nanggala sesuai dengan senjata pamungkas milik tokoh pewayangan Prabu Baladewa.

Kapal Selam KRI Nanggala 402 memiliki ukuran yang cukup masif dengan dimensi 59,5 meter kali 6,3 meter kali 5,5 meter, kapal Selam ini memiliki bobot 1.365 ton. Kekuatan KRI Nanggala juga membuatnya patut jadi andalan dengan penggerak diesel elektrik, kapal selam ini mampu melaju dengan kecepatan 25 knot. KRI nanggala juga dilengkapi dengan pemindai sonar teknologi terkini serta persenjataan mutakhir seperti torpedo dan beragam senjata lainnya.

Menurut pengamat Milter dan Intelejen, Susaningtyas Kertopati perawatan menjadi kunci keandalan KRI Nanggala, dan usia alustita tidak mempengaruhi kinerja alusista jika perawatan dilakukan dengan baik.

"Meski usianya sudah cukup tua, tapi tidak menjadi alasan suatu alusista mengalami hilang kontak, memang dalam hal ini apabila ada mantance yang baik harusnya alusista bisa dapat dipakai dengan baik.”

Nuning menambahkan, dalam insiden tersebut sebenarnya masih ada peluang KRI Nanggala-402 untuk melakukan combat SAR. Pasalnya kemampuan menyelam normal pada ambang batas kedalaman operasional adalah 48 jam. Lalu ditambah cadangan darurat untuk 24 jam sehingga total 72 jam.

“Menurut kemampuan tersebut kesempatan masih terbuka melakukan operasi Combat SAR sampai dengan 58-60 jam ke depan, dan kesempatan ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Salah satunya dengan mengundang Angkatan Laut negara lain untuk melaksanakan misi kemanusiaan tersebut.” Jelasnya.

Sebelumnya, kapal selam ini pernah menjalani perawatan di salah satu galangan kapal korea selatan pada tahun 2009 hingga 2012.  Setelah pemeriksaan KRI Nanggala juga dilengkapi dengan pemindai sonar teknologi terkini serta persenjataan mutakhir seperti torpedo dan beragam senjata lainnya. (mii)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:47

Chico Ungkap Bahwa PDIP Tidak Akan Terburu-buru Menentukan Koalisi atau Oposisi

PDIP menyebut hingga kini partainya belum menentukan sikap politik usai penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024.
img_title
03:15

Sikap Partai PKB Atas Hasil Keputusan Sidang MK

PKB menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 
img_title
04:26

Prabowo: Kalo Kontestasi Tidak Keras, Namanya Bukan Pilihan Untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah selesai.
img_title
10:46

PKS Bertandang ke Markas NasDem "Lanjutkan Kolaborasi Membangun Negeri"

Tampak Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jenderal DPP PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, dan jajaran PKS lainnya tampak tiba di Kantor DPP Partai NasDem pukul 15.00 WIB. 
img_title
02:04

Alasan Mahfud MD Tidak Ikut Hadiri Penetapan Presiden & Wapres di KPU

Adapun alasan dari calon wakil presiden 03 Mahfud MD yang memberikan alasan dirinya tak hadir dalam gelaran acara penetapan pemenang Pilpres di Gedung KPU.
img_title
02:50

Ganjar Mengaku Tak Diundang KPU di Acara Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo tidak menghadiri acara penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang digelar hari ini.
img_title
05:05

Cak Imin Sambut Hangat Kedatangan Prabowo di Markas PKB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyambut kedatangan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
img_title
02:52

Gibran Blusukan Menyapa Warga di Rusun Muara Baru

Usai ditetapkan sebagai Wakil Presiden terpilih oleh KPU pada Rabu (24/4/2024), Gibran Rakabuming Raka langsung blusukan ke rusunawa Muara Baru Jakarta Utara.
img_title
01:30

Alasan Prabowo Lontarkan Kata "Senyuman Berat" ke Anies & Muhaimin

Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat menyinggung terkait "senyuman berat" yang terpancar dari wajah Anies Baswedan dan Muhaimin (Cak Imin). 
img_title
04:12

PDIP Absen Penyerahan Berita Acara & Salinan KPU ke Pengusung 03

KPU dalam sidang pleno pada Rabu (24/4/2024) pagi tadi telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024.
img_title
01:52

Momen Anies-Muhaimin Jabat Tangan Prabowo-Gibran

Presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berjabatan tangan dengan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar usai menerima salinan surat Keputusan KPU.
img_title
08:17

SAH! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden & Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih 2024.  
img_title
19:35

Anies Muhaimin Tiba di KPU, Analis Politik: Menyejukkan Demokrasi

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic menilai bahwa kehadiran pasangan calon Anies Baswedan dan Cak Imin ke Gedung KPU hari ini sangat menyejukkan demokrasi. 
img_title
04:19

Hormati Proses Bernegara Anies-Muhaimin Tiba di KPU

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara penetapan pemenang Pilpres 2024 di KPU pada Rabu (24/4/2024).  
img_title
07:58

Prabowo & Gibran Tiba di Gedung KPU RI

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). 
img_title
09:55

PDIP Minta Penetapan Presiden Terpilih Ditunda, Analis Politik: Belum Legowo

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic memberikan tanggapan bahwa pihak PDIP belum legowo terkait penetapan pemenangan Prabowo-Gibran.
img_title
07:14

Suasana Terkini di Gedung KPU RI Jelang Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

KPU RI menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih, seusai gugatan sengketa Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, hari ini.
img_title
02:34

EKSKLUSIF! Prabowo: Saatnya Semua Elite Bekerja Sama untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan elite agar bersatu demi rakyat.
img_title
03:02

Kemana Arah Politik Anies Usai Sidang Sengketa Pilpres 2024, Koalisi atau Oposisi?

Mustofa Nahrawardaya selaku Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin mengatakan bahwa Anies Baswedan menyatakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu sebagai pertanda selesainya Pemilu 2024. 
Jangan Lewatkan
Kabar Buruk! Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Sedang-Lebat, Mana Saja?

Kabar Buruk! Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Sedang-Lebat, Mana Saja?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia
Daftar Langka Jajaran Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Kalahkan Negaranya Sendiri, Shin Tae-yong? Bisa, Tapi ...

Daftar Langka Jajaran Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Kalahkan Negaranya Sendiri, Shin Tae-yong? Bisa, Tapi ...

Shin Tae-yong memastikan akan tetap profesional dalam memimpin tim dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, (26/4/2024). 
Bongkar Sifat Asli Para Ajudan Prabowo, Nikita Mirzani: Aduh, Apalagi yang Suka Live TikTok

Bongkar Sifat Asli Para Ajudan Prabowo, Nikita Mirzani: Aduh, Apalagi yang Suka Live TikTok

Baru-baru ini beredar video Nikita Mirzani yang tengah membongkar sifat para ajudan Prabowo. Video tersebut viral dan diunggah oleh beberapa akun gosip.
Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Ibrahim Ayat 41-45  lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya.
Indo Tambangraya (ITMG) Cairkan Dividen Jumbo Rp1,97 Triliun Hari Ini, Sosok Ratu Batu Bara Asia Menang Banyak

Indo Tambangraya (ITMG) Cairkan Dividen Jumbo Rp1,97 Triliun Hari Ini, Sosok Ratu Batu Bara Asia Menang Banyak

Emiten tambang batu bara ITMG dijadwalkan membagikan dividen tunai pada Kamis (25/4/2024). Salah satu yang kecipratan untung besar adalah Ratu Batu Bara Asia.
Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 6-10 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 6-10 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Ibrahim Ayat 6-10 lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya. 
Inti Pertemuan Gerindra-PKB Terungkap, Prabowo Subianto Tekankan Hilangkan Kemiskinan di Indonesia

Inti Pertemuan Gerindra-PKB Terungkap, Prabowo Subianto Tekankan Hilangkan Kemiskinan di Indonesia

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkap inti pertemuan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar seusai penetapan pemenang Pilpres 2024 oleh KPU.
Dulu Rival, Cak Imin Kini Sebut Akan Kerja Sama dengan Prabowo di Pemerintahan Selanjutnya

Dulu Rival, Cak Imin Kini Sebut Akan Kerja Sama dengan Prabowo di Pemerintahan Selanjutnya

Mantan cawapres nomor urut 1, Muhaimim Iskandar atau Cak Imin menyebut akan melakukan kerja sama dengan Prabowo Subianto di pemerintahan selanjutnya.
Pundit Korea Selatan Puji Kualitas Timnas Indonesia, Minta Lee Young-jun cs Waspadai Hal Ini di Perempat Final Piala Asia U-23

Pundit Korea Selatan Puji Kualitas Timnas Indonesia, Minta Lee Young-jun cs Waspadai Hal Ini di Perempat Final Piala Asia U-23

Jelang bertemu di perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/04/24), pengamat sepak bola Korea Selatan terang-terangan memuji kualitas Timnas Indonesia.
Statistik Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23: Garuda Muda Ungguli Sang Lawan

Statistik Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23: Garuda Muda Ungguli Sang Lawan

Duel statistik Timnas Indonesia dan Korea Selatan jelang pertemuan kedua tim pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/04/24) dini hari WIB.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
Selengkapnya