Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

BMKG Telah Mencatat Sebanyak 237 Gempa Susulan di Cianjur

Jumat, 25 November 2022
Oleh :

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, lebih dari 200 kali gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat. 

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta untuk para warga agar tetap waspada karena belum dapat memastikan rentetan gempa susulan itu bisa berakhir. 

Iman Faturochman selaku Koordinator Bidang Informasi Gempa dan Tsunami BMKG menjelaskan, gempa susulan lebih tepatnya sudah terjadi sebanyak 237 kali. 

Gempa susulan ini dapat dirasakan namun juga bisa tidak terasa, hal ini tergantung dari kekuatan gempa tersebut. 

Namun, magnitudo terbesar gempa susulan hingga kini masih di angka 4,2 magnitudo, sedangkan yang yang terkecil yaitu di 1,2 magnitudo. 

Hingga saat ini, pihak BMKG terus memonitoring dan belum bisa memastikan resiko-resiko dan kekuatan gempa yang akan terjadi kedepannya.  

Akan tetapi biasanya, kecenderungan gempa susulan lebih kecil kekuatannya apabila dibandingkan dengan gempa utamanya. Hal ini tergantung dengan batuan-batuan dan sesar-sesar yang berdekatan di wilayah tersebut. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:13

Pendopo Royal Ambarrukmo Dipercantik Jelang Pernikahan Kaesang dan Pasangan

Jelang pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono, pendopo Royal Ambarrukmo bersolek. Sebagian tiang ukir dicat ulang agar terlihat klasik seperti bentuk aslinya.
img_title
01:32

Kembali Terjadi, Pemimpin Panti Asuhan Diduga Lecehkan Anak Asuhnya

Kasus pelecehan seksual diduga dilakukan oleh pimpinan panti asuhan terhadap empat anak asuh yang masih dibawah umur. Atas kasus pelecehan ini, izin operasional panti asuhan terancam dicabut.
img_title
10:28

Diminta Ikuti Skenario Ferdy Sambo, Bharada E Sempat Berdoa di Toilet

Richard Eliezer (Bharada E) mengatakan dirinya sempat berdoa di toilet sebelum mengeksekusi Brigadir J. Ia menerima perintah dari Ferdy Sambo untuk mengikuti skenario pembunuhan yang telah dirancang.
img_title
03:35

Nasib Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Setelah Jokowi Sebut "Rambut Putih"

Dalam kunjungannya ke Surabaya Selasa (30/11/2022) kemarin, Presiden Joko Widodo kembali menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk dalam kriteria sebagai pemimpin mendatang.
img_title
10:21

Sambil Menangis, Bharada E Ceritakan Awal Mula Terjadinya Peristiwa Penembakan Yosua

Dalam persidangan Rabu (30/11/2022) hari ini, terdakwa Richard Eliezer menceritakan awal mula terjadinya peristiwa penembakan Yosua di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga.
img_title
02:04

Fans Ferdy Sambo Nekat Terobos Ruang Sidang

Seorang wanita menerobos sidang demi bertemu dengan terdakwa Ferdy Sambo dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (29/11/2022) kemarin.
img_title
06:20

Bharada E Bongkar Peristiwa yang Terjadi di Rumah Bangka

Terdakwa Richard Eliezer (Bharada E) menceritakan ada peristiwa yang terjadi di rumah di Jalan Bangka sebelum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi berangkat ke Magelang.
img_title
06:25

Motif Anak Bunuh Keluarga Pakai Racun di Magelang, Sakit Hati, Disuruh Cari Kerja

Motif pembunuhan terhadap satu keluarga di Magelang, Jawa Tengah akhirnya terungkap. Pelaku yang berinisial DDS (22) ini rupanya sakit hati pada kedua orangtua dan kakak perempuannya.
img_title
16:30

Bharada E Jadi Saksi Untuk Bripka RR dan Kuat Ma'ruf

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf bakal saling memberi kesaksian pada sidang hari ini.
img_title
05:46

Ferdy Sambo: Saya Minta Maaf Pada Adik-adik dan Saya Sangat Menyesal

Ferdy Sambo meminta maaf kepada para saksi dari pihak Polres Jakarta Selatan karena melibatkan mereka dalam skenario pembunuhan berencana Brigadir Yosua.
img_title
04:45

Terungkap, Motif 3 Tersangka Bunuh Karyawan Toko Gorden yang Dibuang ke Jurang

Karyawan Toko Gorden, Ahmad Hasan Muntolip (26) tewas di tangan 2 teman sekolahnya sendiri. Kapolres Mojokerto AKBP mengatakan, kasus pembunuhan ini dilatarbelakangi masalah utang piutang
img_title
01:48

Suasana Duka Menyelimuti Keluarga Co-Pilot Helikopter Polri yang Jatuh di Perairan Belitung

Suasana duka menyelimuti kediaman co-pilot Briptu Mochammad Lasminto di Serang, Banten. Warga dan rekan-rekan almarhum berdatangan ke rumah duka untuk mengungkapkan belasungkawa
img_title
01:08

Korban Penganiayaan Eks Oknum Anggota TNI Tanyakan Kelanjutan Kasus Ke Polda Metro Jaya

Seorang korban penganiayaan yang diduga dilakukan mantan oknum anggota TNI mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk menanyakan kelanjutan kasus yang tengah ditangani polisi.
img_title
04:56

Korban Gempa Cianjur: Kita Mau Pulang Kemana? Rumah Aja Roboh Semua

Pengungsi terdampak gempa Cianjur sudah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing. Lantas Seperti apa kondisi pengungsian dan sudah siapkah para korban tersebut kembali ke rumah mereka?
img_title
01:11:46

Relawan Jokowi Kumpul di GBK, Kenapa PDIP yang Marah?

Ratusan ribu relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergabung dan menggelar acara bertema 'Nusantara Bersatu' di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu 26/11/2022). 
img_title
01:06

Detik-Detik Siswa SMP Tewas Tertabrak Kereta Terekam CCTV

Seorang siswa SMP di Medan, Sumatera Utara tewas disambar kereta. Peristiwa ini terekam kamera CCTV. Korban bernama Samuel pun tewas di tempat dengan luka parah di tubuh. 
img_title
01:54

Delapan Orang Tewas pada Tragedi Penyerbuan Hotel oleh Kelompok Ekstrimis

Pasukan Somalia akhiri lebih dari 18 jam tragedi penyerbuan ke sebuah hotel di Mogadishu, Somalia yang dilakukan oleh anggota kelompok ekstrimis al-Shabaab.
img_title
12:24

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tercatat Ada 327 Orang

Korban tewas akibat gempa dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, bertambah. Korban tewas hingga saat ini menjadi 327 orang. Selain itu per hari ini data pengungsi yang terdata sebanyak 108.7290.
img_title
06:53

Kronologis Pembunuhan Satu Keluarga di Magelang

Satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak ditemukan meninggal dunia di sebuah rumah di daerah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/11/2022) kemarin.
img_title
01:40

Sambo Sampaikan Permintaan Maaf kepada para Saksi dari Polres Jaksel

Ferdy Sambo meminta maaf kepada para saksi dari pihak Polres Jakarta Selatan karena telah melibatkan mereka dalam skenario pembunuhan berencana Brigadir Yosua.
Jangan Lewatkan
Bawa-bawa FIFA, Persija Respons Rencana PT LIB Pakai Sistem Bubble di Putaran Pertama Liga 1 2022

Bawa-bawa FIFA, Persija Respons Rencana PT LIB Pakai Sistem Bubble di Putaran Pertama Liga 1 2022

Manajemen Persija Jakarta merespons rencana PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang ingin menggunakan sistem bubble untuk lanjutan Liga 1. FIFA pun sampai disebut.
Ingatkan Jokowi Jangan Pernah Katakan Go Nuklir! Dr Isroil Samihardjo Beberkan Rahasianya

Ingatkan Jokowi Jangan Pernah Katakan Go Nuklir! Dr Isroil Samihardjo Beberkan Rahasianya

Istilah go nuklir saat ini kian menyeruak, bahkan beberapa kalangan mengusulkan agar salah satu rekomendasi KTT G20 di Bali adalah go nuklir. Hal itu diungka
Tiga Ketum Parpol KIB Makan Malam Bareng, Zulkifli Hasan: Diskusi Bola Piala Dunia

Tiga Ketum Parpol KIB Makan Malam Bareng, Zulkifli Hasan: Diskusi Bola Piala Dunia

Tiga ketua umum partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar makan malam bersama, Rabu (30/11/2022).
Ancam Bakar Motor, Pengamen Babak Belur Dikeroyok Ojol di Makassar

Ancam Bakar Motor, Pengamen Babak Belur Dikeroyok Ojol di Makassar

Tidak terima ditegur menghisap lem, seorang pengamen di makassar babak belur dikeroyok pengemudi ojek online karena mengancam akan membakar motor ojek tersebut
Bupati Ingin Maskapai Penerbangan Mau Investasi di Kotim

Bupati Ingin Maskapai Penerbangan Mau Investasi di Kotim

Minimnya jumlah maskapai penerbangan yang melayani masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengganggu kondisi perekonomian di wilayah itu.
Link Live Streaming Tunisia vs Prancis, Lengkap dengan 5 Fakta Menarik Kedua Tim di Piala Dunia

Link Live Streaming Tunisia vs Prancis, Lengkap dengan 5 Fakta Menarik Kedua Tim di Piala Dunia

Pertandingan Tunisia vs Prancis akan menjadi laga ketiga bagi masing-masing tim di Grup D. Pada pertemuan Sabtu (26/11/2022) Tunisia menyerah di bawah Australia
Momen Tiga Ketum KIB Dinner di Menteng

Momen Tiga Ketum KIB Dinner di Menteng

Tiga ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan di salah satu restoran di bilangan Jakarta Pusat, malam ini.
Elkan Baggott Tak Kunjung Gabung Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Cuma Bisa Pasrah

Elkan Baggott Tak Kunjung Gabung Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Cuma Bisa Pasrah

Shin Tae-yong pasrah dengan situasi yang dialami anak asuhnya saat ini, yakni Elkan Baggott. Sebab sang pemain belum bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.
Kepala BIN Sebut Kerutan Wajah Prabowo 100 Persen Mirip Kriteria Jokowi, Demokrat: Tidak Etis!

Kepala BIN Sebut Kerutan Wajah Prabowo 100 Persen Mirip Kriteria Jokowi, Demokrat: Tidak Etis!

Deputi Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani ikut menanggapi soal pernyataan Kepala BIN Budi Gunawan yang memuji Menhan Prabowo Subianto. 
Zulhas: KIB Belajar Jangan Merasa Kecil Sebelum Bertanding

Zulhas: KIB Belajar Jangan Merasa Kecil Sebelum Bertanding

Ketua Umum Parpol yang tergabung dalam KIB yakni PAN, Golkar dan PPP adakan pertemuan di Restoran Bunga Rampai, Jalan Cik Ditiro No 35, Menteng, Jakarta Pusat
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Indonesia Business Forum
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 02:00
Trust
Selengkapnya