LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Resky, korban selamat kecelakaan Kapal Evelyn Calisca 01, didampingi aparat kepolisian tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Sumber :
  • Antara

Ini Kesaksian Penumpang korban selamat Kapal Speedboat Evelyn Calisca 01 yang Terbalik di Perairan Pulau Burung

Resky Arianto masih ingat betul detail bagaimana tubuhnya terlempar lebih kurang 20 meter dari atas Kapal Speedboat Evelyn Calisca 01 saat mengalami kecelakaan.

Minggu, 30 April 2023 - 05:10 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Resky Arianto masih mengingat betul detail bagaimana tubuhnya terlempar lebih kurang 20 meter dari atas Kapal Speedboat Evelyn Calisca 01 yang ia tumpangi saat mengalami kecelakaan di sekitar perairan Pulau Burung, Provinsi Riau.

Hari Kamis (27/4/2023) siang, kondisi cuaca di laut Pulau Burung dan sekitarnya terpantau normal dan mendukung aktivitas pelayaran Kapal Speedboat Evelyn Calisca 01 yang bertolak dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Beberapa saat setelah lepas tali tempat tambat, kapal speedboat yang mengangkut puluhan penumpang tersebut berlayar melaju seperti biasanya tanpa ada kendala apa pun. Sejumlah penumpang kapal cepat itu juga terlihat asyik bercengkerama dengan keluarga atau penumpang lainnya yang duduk di deretan kursi sebelahnya.

Termasuk di dalamnya, Resky Arianto, pemuda asal Ganet, Kota Tanjungpinang, yang ikut menyeberang bersama adik, abang, kakak ipar, serta sejumlah keponakan.



Mereka sekeluarga baru saja merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di Tembilahan dan dalam perjalanan pulang usai mudik lintas provinsi itu.

Sekitar satu jam perjalanan meninggalkan pelabuhan, Resky dan seorang adiknya beranjak meninggalkan kursi duduk menuju dek atau bagian atas kapal untuk sekadar bersantai menikmati kencangnya tiupan angin laut.

Awalnya semua berjalan aman dan lancar, sampai pada suatu ketika terdengar suara benturan keras dari bagian bawah kapal,  sepertinya menabrak benda yang diduga sebatang kayu.

Saat benturan terjadi itulah, Resky bersama adiknya terpental lalu tercebur ke dalam laut, jauh meninggalkan kapal yang ditumpangi keduanya.

Sementara keadaan kapal Speedboat Evelyn Calisca 01, seketika miring lalu tiba-tiba terbalik di tengah laut, yang diduga akibat hilang kendali.

Resky dan adiknya berupaya menyelamatkan diri dengan menjangkau pelampung dari tumpahan barang-barang penumpang kapal, seperti koper dan ransel.

Keduanya berhasil mengapung di permukaan laut dengan bantuan peralatan seadanya sambil berenang menghampiri kapal Evelyn Calisca 01 yang sudah terbalik itu guna memastikan kondisi keluarga.

Dia kemudian mendapati semua keluarganya berhasil selamat keluar dari kapal terbalik itu dengan memegang bagian badan kapal yang masih terapung.

"Saat itu yang ada di pikiran saya menyelamatkan keluarga. Saya tidak tahu bagaimana nasib penumpang lainnya, apakah mereka terjebak di dalam kapal atau tidak," kata Resky saat tiba di pelabuhan SBP Tanjungpinang, Sabtu (29/4/2023).

Resky menyaksikan sendiri bagaimana suasana di atas kapal yang tadinya hening, namun sesaat berubah menjadi petaka memilukan.

Sejumlah penumpang yang lebih dulu lolos dari jebakan kapal terbalik berteriak histeris sembari berusaha menyelamatkan diri dan keluarga masing-masing.

Kejadiannya sangat cepat, sekitar pukul 13.40 WIB. Dalam hanya hitungan detik, kapal sudah terbalik di laut.

Penumpang lainnya, Arfan, warga Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, juga menceritakan perjuangannya bersama sang istri bisa selamat dari balik peristiwa Kapal Evelyn Calisca 01 yang terbalik itu.

Saat detik-detik kapal akan terbalik, ia yang duduk di kursi depan itu lekas memegang erat tangan sang istri untuk meraih pintu keluar masuk penumpang kapal yang berada tak jauh dari posisi tempat duduknya.

Diselimuti rasa panik, sambil berdoa kepada Allah Swt. Arfan dan istri akhirnya berhasil keluar dari dalam kapal yang terbalik itu. Keduanya bertumpu pada badan kapal yang timbul sambil menunggu pertolongan datang.

Sementara, menurut kesaksiannya, sejumlah penumpang yang duduk di bagian kursi tengah kapal terjebak dan tak bisa keluar ke permukaan laut.

"Alhamdulillah. Bersyukur, karena kami masih diberikan keselamatan oleh Allah Swt.," ucapnya.

Selang tak lama pasca-kejadian kapal cepat itu terbalik, sejumlah kapal/pompong yang kebetulan melintas di area lokasi kejadian langsung membantu evakuasi beberapa korban penumpang yang tengah mengapung di laut.

Mereka yang terdiri atas penumpang dewasa dan sejumlah anak itu lantas dibawa ke Pelabuhan Sungai Guntung, Provinsi Riau. Sebagian lagi mendapatkan perawatan medis di rumah sakit terdekat.

Penanganan korban

Setidaknya ada sekitar 38 warga Kota Tanjungpinang yang sementara terdata selamat dalam insiden Kapal Evelyn Calisca 01 yang terbalik tersebut.

Sebanyak 16 orang di antaranya sudah dipulangkan dari Pelabuhan Sungai Guntung ke Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, sekitar pukul 16.00 Wib, Sabtu, menggunakan Kapal Terubuk Express.

Mereka ini didominasi orang dewasa dan beberapa anak usia bawah 5 tahun, sedangkan selebihnya, masih berada di Tembilahan sambil menunggu pemulangan selanjutnya ke Tanjungpinang.

Setelah sampai di pelabuhan, ke 16 korban tersebut difasilitasi pulang ke rumah masing-masing dengan menaiki bus yang disediakan Polresta Tanjungpinang bersama instansi terkait.

Ada juga di antara para korban yang dijemput langsung oleh pihak keluarga.

Polisi turut menyiapkan pendampingan psikologis terhadap para korban kapal terbalik ini. Dari hasil pemeriksaan awal, tak ada tanda-tanda trauma berlebihan yang menyelimuti mereka.

Meski demikian, kepolisian tetap membuka layanan konsultasi psikologis melalui Whatsapp hingga posko informasi bagi korban kecelakaan Kapal Evelyn Calisca 01 di depan pintu masuk Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Polresta Tanjungpinang terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Provinsi Riau soal jumlah total korban kecelakaan Kapal Evelyn Calisca 01, khususnya warga daerah setempat.

Berdasarkan data sementara, 12 orang penumpang ditemukan meninggal akibat peristiwa kapal terbalik yang baru beroperasi dua bulan tersebut.

Salah seorang ialah warga asal Kota Tanjungpinang, Andrian (30 tahun), yang jenazahnya sudah tiba dan dikebumikan di TPU Sungai Carang, Jumat (28/4/2023) malam.

Sampai saat ini tim gabungan di Provinsi Riau masih fokus melakukan evakuasi terhadap korban selamat dan meninggal. Juga masih mencari korban yang belum ditemukan.

Baca Juga :

Diberitakan sebelumnya, 16 Warga Tanjungpinang korban selamat tragedi terbaliknya Speedboat SB Evelyn Calisca 01 di Pulau Burung Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) Riau tiba di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Korban selamat ini diantar dari pelabuhan Sei Guntung Inhil, Riau menggunakan speedboat SB Terubuk Express 03, bersandar di pelabuhan Sri Bintan pura (SBP) Tanjungpinang, Sabtu (29/4/2023) petang.

Baca Juga :
Halaman Selanjutnya :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Selebrasi Tengil India Berbuntut Balasan dari Jojo di Thomas Cup 2024, Aksi Joget-joget Dibalas Teriakan Depan Muka

Selebrasi Tengil India Berbuntut Balasan dari Jojo di Thomas Cup 2024, Aksi Joget-joget Dibalas Teriakan Depan Muka

Tim Thomas Cup Indonesia berhasil keluar sebagai juara grup C setelah menaklukan India pada laga terakhir Rabu (01/05/24) dengan skor myeakhinkan yakni 4-1.
Lima Orang Diamankan Kepolisian Saat Aksi Hari Buruh di Makassar, Puluhan Lainnya Diberikan Pembinaan

Lima Orang Diamankan Kepolisian Saat Aksi Hari Buruh di Makassar, Puluhan Lainnya Diberikan Pembinaan

"Ada lima orang yang kita amankan, yang lainnya (puluhan) kita lakukan pembinaan. Kita serahkan kepada pihak kampus," kata Kapolrestabes Makassar
Sukses Gaet 100 Juta Wisatawan dalam Setahun, Arab Saudi Terus Berupaya Menjadi Tujuan Utama Pelancong Dunia

Sukses Gaet 100 Juta Wisatawan dalam Setahun, Arab Saudi Terus Berupaya Menjadi Tujuan Utama Pelancong Dunia

Pemerintah Arab Saudi melalui Saudi Tourism Authority (STA) atau Otoritas Pariwisata Arab Saudi memperkenalkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk menjadikan negaranya sebagai destinasi yang aman, mudah diakses, dan menarik bagi semua wisatawan dari Indonesia.
Sering Alami Kepala Pusing setelah Tidur Siang, Begini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Sering Alami Kepala Pusing setelah Tidur Siang, Begini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Tidur siang adalah waktu tubuh untuk beristirahat, tapi kalau kelamaan juga bikin kepala pusing. Kok bisa?, begini penjelasan dr Zaidul Akbar
Bagian Kotor pada Ayam ini Seringkali Dianggap Hanya Pelengkap Bahan Makanan Saja, dr Zaidul Akbar Padahal Manfaatnya Bikin Kulit Wajah Kinclong, Wanita Perhatikan ini!

Bagian Kotor pada Ayam ini Seringkali Dianggap Hanya Pelengkap Bahan Makanan Saja, dr Zaidul Akbar Padahal Manfaatnya Bikin Kulit Wajah Kinclong, Wanita Perhatikan ini!

Ceker mungkin menjadi bagian ayam yang teksturnya terlihat kurang menarik. Tapi menurut dr Zaidul Akbar, ceker ayam mengandung kolagen bisa bikin wajah kinclong
Hardiknas, Presiden Jokowi Harap Semangat Memajukan Pendidikan Terus Berkobar

Hardiknas, Presiden Jokowi Harap Semangat Memajukan Pendidikan Terus Berkobar

Jokowi mengharapkan semangat semua pihak dalam memajukan pendidikan terus berkobar dalam setiap inisiatif yang dikembangkan.
Trending
Shin Tae-yong Ngamuk Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Perebutan Tempat Ketiga Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong Ngamuk Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Perebutan Tempat Ketiga Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong mengutarakan keluh kesahnya menjelang pertandingan Timnas Indonesia U-23 kontra Irak dalam duel perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.
Shin Tae-yong Mendapat 3 Kabar Baik yang Bisa Membuat Timnas Indonesia U-23 Menang Atas Irak U-23

Shin Tae-yong Mendapat 3 Kabar Baik yang Bisa Membuat Timnas Indonesia U-23 Menang Atas Irak U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mendapat tiga kabar baik jelang pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.
3 Kabar Buruk Jelang Laga Timnas Indonesia vs Irak Piala Asia U-23 2024, Komentar Fans Thailand soal Wasit VAR Kontroversi Sivakorn Pu-udom atas Kekalahan Skuat Shin Tae-yong

3 Kabar Buruk Jelang Laga Timnas Indonesia vs Irak Piala Asia U-23 2024, Komentar Fans Thailand soal Wasit VAR Kontroversi Sivakorn Pu-udom atas Kekalahan Skuat Shin Tae-yong

Tiga kabar buruk Jelang laga Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024 dan komentar fans Thailand soal wasit VAR kontroversi wasit Sivakorn Pu-udom.
Perlahan Terkuak Motif Sadis Pembunuhan Wanita dengan Jasad Dalam Koper di Bekasi

Perlahan Terkuak Motif Sadis Pembunuhan Wanita dengan Jasad Dalam Koper di Bekasi

Polda Metro Jaya menangkap terduga pelaku pembunuhan terhadap wanita dengan jasad yang tersimpan di dalam koper dan dibuang di kawasan Bekasi.
Sosok Nayunda Nabila, Biduan Dangdut yang Disawer SYL Puluhan Juta, Rupanya Bukan Orang Sembarangan

Sosok Nayunda Nabila, Biduan Dangdut yang Disawer SYL Puluhan Juta, Rupanya Bukan Orang Sembarangan

Nama biduan dangdut Nayunda Nabila Nizrinah tiba-tiba muncul dalam kasus korupsi yang menjerat mantan Menteri Kehutanan (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Ternyata, Pelaku Sempat Lakukan Ini Sebelum Bunuh Wanita Hingga Simpan Jasad Dalam Koper di Bekasi

Ternyata, Pelaku Sempat Lakukan Ini Sebelum Bunuh Wanita Hingga Simpan Jasad Dalam Koper di Bekasi

Polda Metro Jaya menangkap pria berinisial AARN terduga pelaku pembunuhan terhadap wanita dengan jasad yang tersimpan di dalam koper dan dibuang di kawasan Bekasi.
Shin Tae-yong Full Senyum Usai Dapat Kabar Bahagia Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak 

Shin Tae-yong Full Senyum Usai Dapat Kabar Bahagia Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak 

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu dengan Irak dalam pertebutan juara 3 Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024). 
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Ngopi (Ngobrol Perihal Iman)
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya