News Bola Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Nikmatnya Minum Kopi, Ternyata Bisa Mengakibatkan Penyakit Mengerikan

Bagi penikmat kopi, dianjurkan mengetahui penyebab dari efek samping minum kopi yang berlebihan. Pasalnya, di balik kenimatam kopi ternyata dapat mengakibatkan
Minggu, 25 Desember 2022 - 21:54 WIB
Kopi Hitam yang Hangat
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

tvOnenews.com - Bagi penikmat kopi, dianjurkan mengetahui penyebab dari efek samping minum kopi yang berlebihan.

Pasalnya, di balik kenimatam kopi ternyata dapat mengakibatkan penyakit yang mengerikan. 

ADVERTISEMENT

GULIR UNTUK LANJUT BACA

Bahkan, dilansir dari berbagai artikel kesehatan, ternyata orang yang sering minum kopi lebih dari dua cangkir atau lebih per hari secara signifika bisa meningkatkan risiko kematian, karena alami penyakit jantung.

Dalam penelitian di Jepang, menemukan beberapa orang yang menikmati kopi berlebihan tekanan darahnya di atas 160/100 mmHg dan hal ini dianggap tinggi. Bahkan dapat mengakibatkan kematian karena terserang jantung. 

tvonenews

Namun, baik dan buruknya menikmati kopi atau minum kopi secara berlebihan masih diperdebatkan para ilmuwan. Bahkan dilansir dari VIVA, studi sebelumnya telah menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat mengurangi  penyebab kematian. 

Namun, penelitian yangv lain, mengatakan bila minum kopi setiap hari dan berlebihan dapat risiko kanker. 

Seperti yang diketahui, bahwa kafein yang terdapat di kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung seseorang untuk sementara waktu. 

Akan tetapi, ada juga faktor luar yang berperan dalam minum kopi yang dapat mengaburkan jenis studi ini, seperti berapa banyak gula atau susu yang dimasukkan seseorang ke dalam minumannya.

Bahkan, dalam catatan penelitian mereka mereka, penelitian sebelumnya yang menghubungkan minuman pagi dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kanker.


Kopi Susu Dingin yang Siap Dinikmati

Kemduian, melansir Daily Mail, seorang peneliti dari pusat, Dr Hiroyasu Iso menyatakan, studi pihaknya bertujuan untuk menentukan apakah efek perlindungan kopi yang diketahui juga berlaku untuk individu dengan berbagai tingkat hipertensi. 

"Baik juga meneliti efek teh hijau pada populasi yang sama," jelas Dr Hiroyasu Iso. 

ADVERTISEMENT

GULIR UNTUK LANJUT BACA

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menemukan hubungan antara minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari dan kematian penyakit kardiovaskular di antara orang dengan hipertensi berat," lanjutnya menjelaskan. 

Para peneliti, yang menerbitkan temuan mereka pada hari Rabu di Journal of American Heart Association telah mengukur bagaimana minum kopi dan teh hijau setiap hari, apakah dapat berdampak pada kesehatan jantung?

Halaman Selanjutnya :

Berita Terkait

Komentar

Topik Terkait

Saksikan Juga

Jangan Lewatkan

Ramalan Keuangan Zodiak 15 Agustus 2026: Aries, Taurus, Gemini hingga Pisces

Ramalan Keuangan Zodiak 15 Agustus 2026: Aries, Taurus, Gemini hingga Pisces

Ramalan keuangan zodiak pada 15 Agustus 2026 mengulas lengkap peruntungan finansial dari Aries sampai Pisces, plus angka keberuntungan setiap zodiak besok.
Di Tengah Wacana Dwikewarganegaraan Prabowo, Cabang Olahraga Ini Justru Tak Butuh Atlet Naturalisasi

Di Tengah Wacana Dwikewarganegaraan Prabowo, Cabang Olahraga Ini Justru Tak Butuh Atlet Naturalisasi

PP FPTI menilai stok atlet panjat tebing lokal saat ini masih sangat melimpah untuk bersaing di kancah internasional.
Kebakaran Lapas Kelas IIB Ngawi: Gudang Alat Musik dan Aula Hangus, Tidak Ada Korban Jiwa Maupun Luka

Kebakaran Lapas Kelas IIB Ngawi: Gudang Alat Musik dan Aula Hangus, Tidak Ada Korban Jiwa Maupun Luka

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ngawi, yang berada di jalan Thamrin, Kelurahan Margomulyo Kecamatan Ngawi, terbakar.
Mendengar Rencana Peringatan Setahun Kematian Affan Kurniawan, Orang Tua Tak Ingin Foto Anaknya Dijadikan Konten

Mendengar Rencana Peringatan Setahun Kematian Affan Kurniawan, Orang Tua Tak Ingin Foto Anaknya Dijadikan Konten

Sudah setahun kepergian seorang driver ojek online (ojol), Affan Kurniawan (21) yang meninggal usai terlindas kendaraan taktis (rantis) Brimob jenis Barakuda.
Bakal Jadi Tahun Terakhir Sirkuit Zandvoort di Formula 1, Max Verstappen Pamer Hal Spesial untuk F1 GP Belanda 2026

Bakal Jadi Tahun Terakhir Sirkuit Zandvoort di Formula 1, Max Verstappen Pamer Hal Spesial untuk F1 GP Belanda 2026

Max Verstappen akan tampil dengan sesuatu yang spesial pada gelaran F1 GP Belanda 2026 pekan depan.
Pengamat Ungkap Plus Minus Usulan Presiden Prabowo atas Dwi Kewarganegaraan Khusus untuk Timnas Indonesia

Pengamat Ungkap Plus Minus Usulan Presiden Prabowo atas Dwi Kewarganegaraan Khusus untuk Timnas Indonesia

Usulan ini disampaikan Presiden Prabowo dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI saat membacakan Keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2027 di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (14/8/2026).

Trending

Presiden Prabowo Bocorkan Alasan LKPP Dijadikan Badan Pengadaan Pemerintah

Presiden Prabowo Bocorkan Alasan LKPP Dijadikan Badan Pengadaan Pemerintah

Presiden Prabowo Subianto hendak mengubah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ditingkatkan menjadi Badan Pengadaan Pemerintah. Selain itu,
Ruben Amorim Minta 5-6 Pemain Baru ke AC Milan, Gerry Cardinale Dihadapkan PR Besar Jelang Bursa Transfer Ditutup

Ruben Amorim Minta 5-6 Pemain Baru ke AC Milan, Gerry Cardinale Dihadapkan PR Besar Jelang Bursa Transfer Ditutup

Pelatih AC Milan, Ruben Amorim, meminta tambahan lima hingga enam pemain baru. Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan dengan Gerry Cardinale di Milanello.
Ali Masykur Musa: Meneguhkan Komitmen Wathaniyah NU

Ali Masykur Musa: Meneguhkan Komitmen Wathaniyah NU

Jelang memperingati HUT RI ke-81 dan jelang Muktamar NU ke 35, Ali Masykur Musa mengajak keluarga besar NU untuk memperkokoh pondasi bangsa yaitu meneguhkan Amanatul Wathaniyah.
Selamat Berbahagia! 5 Zodiak Paling Hoki 15 Agustus 2026: Rezeki dan Peluang Baik Mulai Berdatangan

Selamat Berbahagia! 5 Zodiak Paling Hoki 15 Agustus 2026: Rezeki dan Peluang Baik Mulai Berdatangan

Selamat berbahagia untuk 5 zodiak ini yang diprediksi paling hoki pada 15 Agustus 2026: Ada rezeki dan peluang baik mulai berdatangan.
Beda Nasib dengan Maarten Paes, Petinggi Timnas Indonesia Ini Malah Dikecam Fans Belanda Usai Ajax Main Buruk di UEFA Conference League

Beda Nasib dengan Maarten Paes, Petinggi Timnas Indonesia Ini Malah Dikecam Fans Belanda Usai Ajax Main Buruk di UEFA Conference League

Nasib berbeda dialami dua sosok penting Timnas Indonesia, Maarten Paes dan Jordi Cruyff, usai Ajax Amsterdam menghadapi Shelbourne FC di UEFA Conference League.
Bursa Mobil Bekas Semakin Dekat dengan Konsumen, Dealer Gencar Ekspansi Hingga Bintaro

Bursa Mobil Bekas Semakin Dekat dengan Konsumen, Dealer Gencar Ekspansi Hingga Bintaro

Kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil sebagai transportasi utama semakin tinggi. Namun, tidak sedikit orang yang memilih untuk mendapatkan mobil bekas.
Usai Kontroversi Wasit Timnas Indonesia Vs Singapura, Dugaan Match-Fixing Laos Bikin Integritas Piala AFF 2026 Disorot

Usai Kontroversi Wasit Timnas Indonesia Vs Singapura, Dugaan Match-Fixing Laos Bikin Integritas Piala AFF 2026 Disorot

Dugaan match-fixing yang melibatkan anggota Timnas Laos membuat Piala AFF 2026 disorot. AFF dituntut menjaga integritas kompetisi dan mengevaluasi wasit.
Selengkapnya

Viral

ADVERTISEMENT