LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Air Terjun Aek Martua
Sumber :
  • blog.tiket.com

Seru Banget, 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru yang Asik

Ketika berbicara tempat wisata di Pekanbaru, banyak orang langsung membayangkan Sungai Siak atau Sungai Kampar namun potensi wisata Pekanbaru tak hanya itu saja

Minggu, 3 April 2022 - 17:29 WIB

Ketika berbicara tempat wisata di Pekanbaru, banyak orang langsung membayangkan Sungai Siak karena memang Kota Pekanbaru terletak di sisi - sisinya.

Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru merupakan salah satu pusat ekonomi terbesar di pulau Sumatra karena kekayaan alamnya. Wilayah ini adalah satu wilayah penghasil sawit terbesar di Indonesia.

Sebagai salah satu daerah penghasil sawit dan tambang terbesar di pulau Sumatra, Pekanbaru juga menjadi wilayah dengan tingkat urbanisasi yang tinggi sehingga mudah sekali menemukan pusat perbelanjaan disini.

Posisinya yang terletak di tengah - tengah Lintas Timur Jalan Raya Lintas Sumatra membuat banyak sekali suku dan etnis yang bermukim Kota Pekanbaru. Namun secara umum, Pekanbaru dominan diwarnai oleh kebudayaan melayu dan Minang.

Baca Juga :

Hal ini juga terlihat dari arsitektur Balai Adat Melayu Riau yang di Jalan Diponegoro. Bangunan ini juga menjadi salah satu ikon wisata karena seringkali menjadi tempat pagelaran kegiatan budaya dan seni.

Namun tentu potensi wisata wilayah ini tak hanya bangunan tersebut. Yuk, cek satu demi satu tempat wisata di Pekanbaru lainnya di bawah ini.

 

Rainbow Hills Rumbai

Pada urutan pertama tempat wisata di Pekanbaru ada Rainbow Hills Rumbai. Meskipun terletak sekitar 10 km atau sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota.

Rainbow Hills atau yang kadang disebut Bukit Pelangi ini pemandangan unik berupa lembah dan bukit kecil dalam nuansa watna cokelat tua, oranye, kuning, hingga merah jambu. Warna - warna ini disebut bisa berubah - ubah seiring waktu. Perpaduan warna inilah yang membuat spot ini populer karena tentu akan tampak bagus saat dijadikan latar berfoto.

Bukit - bukit yang berwarna - warna di Rainbow Hills Rumbai ini kerap disandingkan dengan Rainbow Mountains Vinicunca di Peru, Amerika Latin atau Zhangye Danxia di Tiongkok.

Saat ini wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun perlu diwaspadai jika kamu berkunjung ke tempat ini saat musim hujan karena kondisi tanah yang labil dan berisiko longsor.

Meskipun dianggap sebagai objek wisata, tempat ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi ini tentu dapat menjadi spot yang populer jika dikemas dengan baik oleh Pemerintah setempat.

 

Air Terjun Batu Dinding

Tempat wisata satu ini sering disebut sebagai hidden gem-nya Pekanbaru. Salah satu alasannya karena wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam berkendara dari kota Pekanbaru menuju tempat wisata ini.

Tempat ini menyuguhkan keindahan alam dengan udaranya yang sejuk serta aliran air yang ada pada Terjun Batu Dinding. Lokasi ini disebut Air Terjun Batu Dinding karena air yang mengalir di sela - sela himpitan batu.

Derasnya gumpalan air turun dari dinding berbatu menghantam genangan air di bawahnya, dan airnya mengalir turun ke bawah sambil menghantam bebatuan keras, berbunyi di tengah belantara hutan.

Masyarakat lebih sering menyebut air terjun ini dengan istilah Bading. Letaknya terbilang jauh dari pemukiman. Butuh tenaga ekstra agar Anda bisa menyaksikan panorama tersembunyi khas alam bebas.
Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi kolam alami yang berada di bawahnya sangatlah luas, sehingga kamu bisa bebas berenang sepuasnya.

Karena tempat wisata di Pekanbaru satu ini berada di alam bebas alangkah baiknya jika kamu menggunakan alas kaki yang sesuai. Selain itu jangan lupa untuk membawa kembali sampah - sampahmu, ya.

 

Sungai Kampar

Nah, ini dia tempat wisata Pekanbaru yang bertaraf internasional. Siapa bilang berselancar hanya bisa dilakukan di laut? Di Sungai Kampar, Toppers bisa berselancar karena sungai ini memiliki ombak yang dikenal oleh warga lokal sebagai 'Bono' atau Bono wave.

Toppers akan merasakan kecepatan ombak 40 kilometer per jam di tujuan wisata favorit Pekanbaru ini dan ombak inilah yang akan membawamu naik hingga ke ketinggian 4 sampai 6 meter.

Ombak Bono ini muncul akibat gelombang tinggi yang muncul akibat pertemuan air sungai dengan air laut. Ombak ini biasanya muncul saat pasang.

Namun gelombang bono mempunyai kecenderungan destruktif karena menyebabkan erosi di area batas Sungai Kampar. Gelombang bono juga menyebabkan air melimpah ke daratan, bahkan tidak jarang mengakibatkan rumah warga terendam sampai setinggi satu meter. Gelombang besar bono juga dapat menyebabkan perahu para nelayan terbalik.

Tak banyak lokasi di dunia yang menawarkan pengalaman seru berselancar di sungai dan Sungai Kampar ini adalah salah satunya. Keunikan ini membawa banyak surfer lokal dan internasional bernafsu untuk menjajalnya. Untuk mempromosikan tempat wisata di Pekanbaru ini Pemerintah setempat juga mengadakan event tahunan yakni International Bono Surfing Festival dan Bekudo Bono.

Fenomena Bono di Sungai Kampar tidak terjadi setiap hari. Bono hanya muncul saat bulan purnama di penanggalan 12 sampai 16 hijriyah. Ombak besar bono bisa disaksikan pada bulan Oktober sampai Desember saat puncak musim hujan atau pada bulan Februari hingga Maret.

 

Air Terjun Aek Martua

Satu lagi lokasi ekowisata di Pekanbaru. Air Terjun Aek Martua ini bisa jadi destinasi wisata pilihan buat kamu.

Hal yang menarik, air terjun ini kerap disebut sebagai Air Terjun Tangga Seribu karena bentuknya yang terlihat bertingkat - tingkat. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan tempat mengalirnya air, dan ketinggian dari masing-masing tingkatan tersebut berbeda-beda mulai dari 15 hingga 40 meter.

Untuk mencapai lokasi ini memang membutuhkan effort yang ekstra namun perjalanan tak begitu terasa karena sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan hutan yang sejuk dan asri.

 

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S adalah perpustakaan provinsi Riau. Layaknya sebuah pusat perbelanjaan modern, perpustakaan Soeman H.S dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah di Pekanbaru.

Perpustakaan ini menjadi menarik tidak hanya dinilai dari fungsinya yang tak ternilai bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban, tapi juga karena keindahan arsitekturnya.

Bentuk bangunan gedung ini terinspirasi dari bentuk yang seperti buku sedang dibuka. Ada yang menyebut bahwa desain unik bangunan yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini juga terinspirasi dari alas baca Al - Quran.

 

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura adalah bangunan bersejarah peninggalan Hindia Belanda dan juga Kerajaan Melayu Islam. Istana yang menjadi tempat tinggal Sultan Siak sejak tahun 1732 ini merupakan gabungan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu.

Istana yang berdiri di atas lahan seluas 32.000 meter persegi ini memiliki sejumlah komplek istana lainnya Istana Lima, Istana Panjang, Istana Baroe, dan Istana Siak itu sendiri.

Istana ini memiliki dua lantai. Di lantai dasar, kamu bisa menemukan koleksi peninggalan kerajaan yang bernilai ratusan tahun. Di lantai atas, kamu bisa melihat kamar sultan dan tamu kerjaan yang sekarang digunakan untuk tempat menyimpan koleksi senjata milik sultan.

Tidak cuma ruangan-ruangan saja, kamu juga bisa melihat delapan meriam di halaman Istana Siak, penjara bawah tanah, bahkan beberapa koleksi Kesultanan Siak seperti duplikat mahkota kerajaan, patung perunggu, tombak, alat musik komet, dan lain sebagainya.

Tempat peninggalan Kesultanan Siak, kerajaan terbesar di Riau ini juga menjadi salah satu wisata sejarah Pekanbaru lainnya yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

 

Pasar Bawah

Dimanapun ia berada, pasar merupakan salah satu pusat kebudayaan karena disinilah berbagai etnis dan suku bertemu untuk melakukan kegiatan perdagangan. Sama halnya seperti Pasar Bawah yang berada di Kota Pekanbaru.

Sebagai salah satu pasar yang mudah diakses karena berdekatan dengan tepi Sungai Siak dan pelabuhan, Pasar Bawah menjadi salah satu ikon khas Pekanbaru.

Di tujuan wisata belanja Pekanbaru ini, para wisatawan bisa dengan mudah menemukan barang-barang dari luar negeri seperti karpet dari Timur Tengah, keramik dari Cina, dan barang elektronik dari Singapura atau Malaysia yang masih memiliki kualitas bagus.

Nah, kalau kamu sedang berada di Kota Pekanbaru, tak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata ini. Dijamin seru dan menyenangkan. (afr)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
675 Celana Dalam Wanita Curian Dipakai Tukang Siomay untuk Kerja dan Tidur

675 Celana Dalam Wanita Curian Dipakai Tukang Siomay untuk Kerja dan Tidur

675 Celana dalam wanita curian dipakai tukang siomay bernama Jeri (32) di Semarang, Jawa Tengah untuk kerja dan tidur. Kapolsek Banyumanik Kompol Ali Santoso mengungkapkan hal ini.
Mantan Kapten Timnas Indonesia Cetak Gol di Liga Asing, Komentar Fans Korea Usai Megawati Hangestri Bertahan dengan Red Sparks

Mantan Kapten Timnas Indonesia Cetak Gol di Liga Asing, Komentar Fans Korea Usai Megawati Hangestri Bertahan dengan Red Sparks

Eks kapten Timnas Indonesia cetak gol dan bisa jadi opsi Shin Tae-yong serta komentar dari fans Korea usai Megawati Hangestri perpanjang kontrak di Red Sparks.
Cuaca Hari Ini, BMKG Prakirakan Hujan Ringan hingga Lebat di Sejumlah Kota Besar

Cuaca Hari Ini, BMKG Prakirakan Hujan Ringan hingga Lebat di Sejumlah Kota Besar

BMKG keluarkan prakiraan cuaca hari ini di sejumlah kota besar, potensi hujan lebat, sedang, hingga ringan kemungkinan terjadi di Indonesia. Ini lengkapnya.
Rentetan Kasus Mutilasi Mengerikan yang Bikin Gempar Indonesia, Ada Ryan Jombang sampai Tarsum Tawarkan Potongan Tubuh Istri di Ciamis

Rentetan Kasus Mutilasi Mengerikan yang Bikin Gempar Indonesia, Ada Ryan Jombang sampai Tarsum Tawarkan Potongan Tubuh Istri di Ciamis

Sebelum Tarsum di Ciamis, kasus mutilasi di Indonesia sudah pernah berkali-kali terjadi. Tercatat beberapa yang membuat gempar di antaranya kasus Ryan Jombang.
Detik-detik Tukang Siomay Tertangkap Basah Curi Celana Dalam Wanita di Kos Putri Semarang, Koleksi 675 CD untuk Puaskan Hasrat Seksual

Detik-detik Tukang Siomay Tertangkap Basah Curi Celana Dalam Wanita di Kos Putri Semarang, Koleksi 675 CD untuk Puaskan Hasrat Seksual

Beredar video detik-detik tukang siomay tertangkap basah sedang mencuri celana dalam wanita di sebuah kos putri di Kecamatan Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.
Orang Tua Menikah dengan Berbeda Agama, Lantas Anak akan Beragama Apa?, Ini Penjelasan Ustaz Buya Yahya

Orang Tua Menikah dengan Berbeda Agama, Lantas Anak akan Beragama Apa?, Ini Penjelasan Ustaz Buya Yahya

Pernikahan itu momen membahagiakan bagi kedua pihak yang bersangkutan. Namun, menikah dengan berbeda agama masih tabu di Indonesia,berikut penjelasan Buya Yahya.
Trending
Pantas Saja Laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea Berlangsung Tertutup, Ternyata Venue Playoff Olimpiade ...

Pantas Saja Laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea Berlangsung Tertutup, Ternyata Venue Playoff Olimpiade ...

Timnas Indonesia U-23 harus melanjutkan ke babak play-off pasca menelan kekalahan 1-2 kontra Irak dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23.
Bintang Malaysia Faisal Halim Disiram Air Keras, Suporter Timnas Indonesia Khawatirkan Keselamatan Jordi Amat dan Saddil Ramdani

Bintang Malaysia Faisal Halim Disiram Air Keras, Suporter Timnas Indonesia Khawatirkan Keselamatan Jordi Amat dan Saddil Ramdani

Megabintang Malaysia, Faisal Halim yang disiram air keras membuat suporter Timnas Indonesia khawatir dengan keselamatan Jordi Amat dan Saddil Ramdani yang kini berkarier di Negeri Jiran tersebut.
Terungkap! Motif Tukang Siomay Mencuri 675 Celana Dalam Wanita di Indekos Semarang, Pelaku: Pelampiasan ke Onani

Terungkap! Motif Tukang Siomay Mencuri 675 Celana Dalam Wanita di Indekos Semarang, Pelaku: Pelampiasan ke Onani

Terungkap motif pria tukang siomay bernama Jeri (32) mencuri 675 celana dalam wanita di wilayah Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/5).
Marselino Ferdinan sedang Dikritik, Shin Tae-yong Bisa Panggil Bintang Persib Ini ke Timnas Indonesia U-23 Jelang Laga Kontra Guinea

Marselino Ferdinan sedang Dikritik, Shin Tae-yong Bisa Panggil Bintang Persib Ini ke Timnas Indonesia U-23 Jelang Laga Kontra Guinea

Pemain Persib ini bisa dipertimbangkan Shin Tae-yong untuk dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 jelang laga kontra Guinea di tengah kritik ke Marselino Ferdinan
Shin Tae-yong Sebut Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Irak Bukan Marselino Ferdinan, Pemain Ini Dianggap Lebih Hebat dari Asnawi Mangkualam

Shin Tae-yong Sebut Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Irak Bukan Marselino Ferdinan, Pemain Ini Dianggap Lebih Hebat dari Asnawi Mangkualam

Inilah dua berita paling top. Shin Tae-yong menyebut penyebab Timnas Indonesia U-23 kalah dari Irak bukan Marselino Ferdinan dan pemain ini dianggap lebih hebat dari Asnawi Mangkualam.
Ayah Punya Anak Perempuan Remaja tapi Suka Cium dan Peluk, Apakah Diperbolehkan dalam Islam?, Begini Jawaban Buya Yahya

Ayah Punya Anak Perempuan Remaja tapi Suka Cium dan Peluk, Apakah Diperbolehkan dalam Islam?, Begini Jawaban Buya Yahya

Sebagai orang tua cium dan peluk anak menjadi hal wajar tapi masih pro-kontra. Bagaimana anak sudah remaja?, Bagaimana menurut islam, ini kata Ustaz Buya Yahya.
Shin Tae-yong Angkat Bicara, Marselino Ferdinan Bukan Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Irak

Shin Tae-yong Angkat Bicara, Marselino Ferdinan Bukan Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Irak

Shin Tae-yong sudah pernah angkat bicara soal penyebab timnas Indonesia U-23 kalah dari Irak dan tidak menyinggung nama Marselino Ferdinan dalam keterangannya.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
AB Shop
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
Selengkapnya