LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi penulisan teks eksposisi
Sumber :
  • unsplash.com

Contoh Teks Eksposisi

Tahukah kamu apa itu teks eksposisi? Kamu pasti pernah menemukan contoh teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan menggunakannya dalam percakapanmu

Senin, 17 Januari 2022 - 14:57 WIB

Kamu pasti pernah menemukan contoh teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan menggunakannya dalam percakapanmu. Teks eksposisi merupakan metode seseorang untuk menyajikan gagasan, baik itu berbentuk teks (visual) maupun suara (auditori).

Merujuk pengertian dari modul pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA dari Kemendikbud, teks eksposisi ini dibuat oleh penulis atau pembicara menggunakan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan ide atau perspektif tertentu, pengguna teks eksposisi ini memberikan argumen dan alasan-alasan yang logis.

Dengan kata lain, penulis atau pembicara ini bertanggung jawab untuk membuktikan, mengevaluasi, serta mengklarifikasi argumennya sendiri dengan harapan pembaca atau pendengar dapat memahami dan terpengaruh oleh teks eksposisi yang ia bangun.

Bentuk teks ini lazim digunakan dalam bentuk-bentuk kegiatan ilmiah seperti ceramah, perkuliahan, pidato, produk jurnalistik, opini ilmiah, dan sebagainya. Namun demikian contoh teks eksposisi tak terbatas pada itu saja. Sadar atau tidak, orang-orang selalu menggunakan teks eksposisi secara sederhana dalam percakapan saat ingin meyakinkan orang lain atas gagasan yang ingin disampaikan.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Baca Juga :

Setelah mengenal apa itu teks eksposisi, kamu juga harus memahami ciri-ciri bagaimana contoh teks eksposisi dituangkan baik ke dalam bentuk tulisan atau lisan.

Secara kaidah kebahasaan, teks eksposisi mempunya beberapa kriteria yang biasa digunakan. Hal ini berkenaan dengan struktur teks eksposisi itu sendiri. Berikut adalah ciri-ciri teks eksposisi:

1. Menggunakan kata-kata atau istilah teknis yang berkaitan dengan topik atau masalah utama yang sedang dibahas.

2. Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab akibat antara faktor satu dan faktor lainnya. Misalnya menggunakan diksi jika, maka, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu, dan lain-lain. Contoh: Kinerja perusahaan kian menurut akibat terlalu banyak birokrasi dan benturan kepentingan.

3. Menggunakan diksi yang menyatakan hubungan temporal (sebelum itu, pada awalnya, setelah itu, pada akhirnya, dll) maupun bentuk-bentuk perbandingan atau pertentangan (sementara itu, sedangkan, namun demikian, dll). Kata-kata tersebut digunakan untuk menyampaikan urutan argumentasi/fakta/data ataupun penolakan terhadap argumen/tesis lainnya.

4. Menggunakan kata kerja mental (mental verb) untuk menunjukkan kegiatan abstrak seperti perasaan atau pikiran. Sebagai contoh, teks eksposisi biasa terdapat diksi berkeyakinan, menggambarkan, mengetahui, berasumsi, berpendapat, menyimpulkan, merasa, dan lain-lain.

5. Menggunakan kata-kata perujukan seperti menurut..., berdasarkan..., merujuk pada..., seperti yang telah disampaikan.... Contoh: Menurut ahli ekonomi, penanganan pandemi dengan pendekatan ekonomi hanya akan mengorbankan nyawa masyarakat.

6. Menggunakan kata-kata persuasif seperti hendaknya, alangkah baiknya, diharapkan, perlu, harus, dan lain-lain. Contoh: Untuk meningkatkan produktivitas ekonomi, alangkah baiknya Indonesia memperbaiki dan menyederhanakan tata kelola perizinan bagi UMKM.

Struktur Teks Eksposisi

a. Pernyataan pendapat (tesis)

Tesis atau pernyataan pendapat kalimat-kalimat yang memberikan gambaran umum tentang permasalahan atau ide yang diangkat atau diajukan di dalam sebuah teks eksposisi. Bagian ini turut membantu pendengar maupun pembaca memahami konteks yang tengah dibahas.

b. Argumentasi

Pada bagian ini penulis atau penutur teks eksposisi berupaya membangun validitas tesis atau pendapat yang diajukan dengan mengemukakan argumen yang logis dan faktual. Biasanya dalam bagian ini terdapat pula kalimat-kalimat rujukan, kalimat-kalimat temporal dan sebab-akibat, serta istilah-istilah teknis yang membantu pembaca atau pendengar memahami konsep dan tujuan dari teks eksposisi yang tengah dibangun.

Argumen ini juga berupa pandangan atau opini dari penulis terkait masalah yang sedang dibahas. Di dalamnya dapat ditemukan juga maksud-maksud yang ingin dicapai oleh penulis/penutur baik itu secara tersurat maupun yang tersirat.

c. Penegasan ulang pendapat

Penegasan ulang pendapat ini biasanya terdapat pada bagian akhir teks eksposisi. Bagian ini memuat ulang pendapat dan gagasan si penulis/penutur namun dalam bahasa yang lebih sederhana. Gagasan ini juga tak ditambahkan lagi dengan data karena sudah dipaparkan terlebih dahulu di bagian argumentasi.

Jadi selain berfungsi sebagai kesimpulan dari keseluruhan teks eksposisi, bagian ini lazim jika terdapat rekomendasi atau saran-saran dari penulis/pembicara yang telah dikemukakan sebelumnya. Hal ini untuk mempengaruhi lebih lanjut pembaca/pendengar agar dapat berpikir atau melakukan sesuatu seperti yang telah disarankan oleh si pembuat teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Pembangunan dan Bencana Lingkungan

Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia. Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.

Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan dan bencana alam.

Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi. (sumber: Kemendikbud, Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Direktorat SMA)

Dari contoh teks eksposisi di atas dapat dilihat bahwa paragraf pertama dari teks eksposisi berjudul Pembangunan dan Bencana Lingkungan merupakan paragraf yang berisi pernyataan pendapat (tesis) si penulis.

Pernyataan itu lalu dikuatkan dan divalidasi dengan fakta, data, dan rujukan dari berbagai sumber seperti yang terdapat dalam paragraf kedua hingga kelima. Setelah itu keseluruhan gagasan yang ingin disampaikan dalam teks eksposisi ini ditegaskan ulang dengan kesimpulan pada paragraf terakhir.

Demikian contoh teks eksposisi. Semoga informasi ini dapat membantumu memahami apa itu teks eksposisi. (afr)


 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria, Istri Sengaja Viralkan Rahasia Ini Karena Ingin Suaminya Dapat Sanksi Sosial

Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria, Istri Sengaja Viralkan Rahasia Ini Karena Ingin Suaminya Dapat Sanksi Sosial

Anak kiai pondok pesantren (ponpes) di Jember ketahuan sering open BO waria. Hal ini diungkapkan In’am Nafila di podcast Denny Sumargo.
Ada Kabar Baik, BMKG Prakirakan Mayoritas Indonesia Cerah Berawan Hari Ini

Ada Kabar Baik, BMKG Prakirakan Mayoritas Indonesia Cerah Berawan Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca mayoritas kota besar di Indonesia cerah berawan pada hari ini Jumat (10/5/2024).
Hari Ini War Tiket Riize, Catat Cara Pembelian dan Harga Tiket Fancon

Hari Ini War Tiket Riize, Catat Cara Pembelian dan Harga Tiket Fancon

Ini menjadi kedua kalinya Riize hadir ke Jakarta. Boyband jebolan SM Entertainment ini sebelumnya pernah tampil di SM Town Jakarta pada 2023 kemarin.
Gunung Semeru Tiga Kali Erupsi, Semua Warga Diminta Harus Waspada

Gunung Semeru Tiga Kali Erupsi, Semua Warga Diminta Harus Waspada

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Ghufron Alwi sebut Gunung Semeru tiga kali erupsi pada Kamis (9/5/2024) dengan kolom abu vulkanik teramati berwarna putih.
Takjub dengan Timnas Indonesia, Presiden FIFA Tak Sungkan Puji Garuda Muda Meski Gagal Lolos Olimpiade Paris 2024

Takjub dengan Timnas Indonesia, Presiden FIFA Tak Sungkan Puji Garuda Muda Meski Gagal Lolos Olimpiade Paris 2024

Presiden FiFA, Gianni Infantino berikan pujian atas perjuangan Timnas Indonesia meski skuad Garuda Muda kalah di playoff Olimpiade Paris 2024 kontra Guinea.
Rencana Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, Gia Pilih Ikuti Megawati Hangestri Pergi dari Proliga

Rencana Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, Gia Pilih Ikuti Megawati Hangestri Pergi dari Proliga

Erick Thohir ungkap rencana Timnas Indonesia U-23 usai gagal ke Olimpiade Paris serta Giovanna Milana ikuti Megawati Hangestri cabut dari Proliga akhir musim.
Trending
Seusai Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos ke Olimpiade, PSSI Ungkap Hal Mengejutkan Soal Kontrak Shin Tae-yong

Seusai Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos ke Olimpiade, PSSI Ungkap Hal Mengejutkan Soal Kontrak Shin Tae-yong

Seusai laga playoff Olimpiade 2024 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea, anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan fakta mengejutkan soal kontrak Shin Tae-yong.
Reaksi AFC usai Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Olimpiade, Tak Disangka Katanya Tim Asuhan Shin Tae-yong Itu ...

Reaksi AFC usai Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Olimpiade, Tak Disangka Katanya Tim Asuhan Shin Tae-yong Itu ...

Reaksi AFC usai Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Guinea pada pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024).
Timnas Indonesia U-23 Asuhan Shin Tae-yong Dapat Penghargaan dari Presiden FIFA meski Gagal ke Olimpiade Paris 2024

Timnas Indonesia U-23 Asuhan Shin Tae-yong Dapat Penghargaan dari Presiden FIFA meski Gagal ke Olimpiade Paris 2024

Skuad Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong mendapatkan penghargaan dari Presiden FIFA, Gianni Infantino, meski gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong Tak Usah Bersedih Lagi, PSSI Kirim Pesan Bahagia Soal Calon Pemain Naturalisasi Jelang Kualifikasi Piala Dunia

Shin Tae-yong Tak Usah Bersedih Lagi, PSSI Kirim Pesan Bahagia Soal Calon Pemain Naturalisasi Jelang Kualifikasi Piala Dunia

PSSI mengirimkan pesan bahagia soal progres pemain keturunan yang dinaturalisasi kepada Shin Tae-yong setelah Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Guinea 0-1, Kamis (9/5/2024).
Gagal Bawa Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade, Shin Tae-yong Sangat Terpukul hingga Menangis

Gagal Bawa Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade, Shin Tae-yong Sangat Terpukul hingga Menangis

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto mengungkapkan Shin Tae-yong sangat terpukul hingga menangis usai gagal bawa timnya ke Olimpiade Paris 2024.
Media Vietnam Tidak Terkejut Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Guinea, Sebut Tim Asuhan Shin Tae-yong Itu ...

Media Vietnam Tidak Terkejut Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Guinea, Sebut Tim Asuhan Shin Tae-yong Itu ...

Media Vietnam menganggap Timnas Indonesia U-23 pantas kalah dari Guinea pada pertandingan playoff Olimpiade di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024).
Pedih, Begini Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 usai Gagal Lolos ke Olimpiade Paris

Pedih, Begini Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 usai Gagal Lolos ke Olimpiade Paris

Para pemain Timnas Indonesia U-23 sangat terpukul usai kalah dari Guinea 0-1 pada laga playoff di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024).
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat bersama dr. Ekles
10:00 - 10:30
AB Shop
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
Selengkapnya