Ilustrasi.
Sumber :
  • Istimewa

5 Kampus Siber Pertama di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan untuk Calon Mahasiswa Baru

Selasa, 2 Mei 2023 - 12:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi yang terdiri dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi serta terbagi menjadi Akademik dan Vokasi. 

Dari ribuan kampus tersebut terdapat 5 (Lima) Perguruan Tinggi yang menggunakan kata Siber (Cyber) sebagai nama perguruan tingginya. Tiga diantara adalah Universitas dan dua lainnya adalah Politeknik.

Berikut ini 5 (lima) kampus Siber pertama di Indonesia berdasarkan data yang di ambil dari PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (POLTEK SSN)
Merupakan perguruan tinggi kedinasan dari salah satu lembaga Negara yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang didirikan berdasarkan Peraturan BSSN No 12 Tahun 2019 pada tanggal 19 Desember 2019. Poltek SSN yang berlokasi di Kabupaten Bogor ini memiliki 3 Program Studi yaitu Diploma 4 Rekayasa Keamanan Siber, Diploma 4 Rekayasa Kriptografi, dan Diploma 4 Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

2. Politeknik Siber Cerdika Internasional (POLTEK SCI)
Politeknik SCI yang terletak di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Cirebon ini berdiri dengan tiga Program Studi sarjana terapan yaitu Rekayasa Komputer Jaringan, Bisnis Digital dan Pembangunan Pedesaan dan Ekonomi Masyarakat. Kampus vokasi yang mengusung slogan Skillful and Business College berdiri pada tahun 2023 dengan SK Menteri Pendidikan Nomor 22/D/OT/2023 pada tanggal 12 Januari 2023. Terdapat banyak beasiswa untuk mahasiswa baru yang ingin mendaftar di Poltek SCI.

3. Universitas Siber Asia (UNSIA)
Kampus dengan nama Universitas Siber Asia atau disingkat UNSIA adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta Selatan yang berdiri sejak 24 Agustus 2022 dengan Nomor SK Menteri 757/M/2020. UNSIA memiliki lima program studi yang semuanya adalah program sarjana (S1) dan merupakan program jarak jauh (PJJ) yaitu Akuntansi, Informatika, Komunikasi, Manajemen dan Sistem Informasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral