Nadiem Makarim Belajar Alat Musik Tradisional Batak Toba..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Nginap di Rumah Warga, Nadiem Makarim Belajar Alat Musik Tradisional Batak Toba

Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:28 WIB

Pulau Samosir, Sumatera Utara - Seolah belum cukup dengan penampilan para Maestro Batak di Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) di Samosir, Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, memilih menghabiskan satu malam di rumah penggiat budaya Batak, Martahan Sihotang di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Di rumah yang juga sebagai bengkel musik sederhana ini, Nadiem banyak berdiskusi dengan Martahan Sihotang. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI ini, juga belajar cara memainkan alat musik Taganing dan beberapa alat musik tradisional Batak lainnya.

Nadiem Makarim mengungkapkan, irama yang keluar dari alat musik tradisional Batak kental dengan nuansa sakral, indah dan relevan dengan zaman.  

“Inovasi musik seperti itulah yang saya ingin dengar terus. Perpaduan musik tradisi dengan inovasi. Sesekali saya mendengar musik hip-hop dan sesekali musik elektronik, sungguh luar biasa,” katanya.

Kepada Martahan, Nadiem mengaku selalu memikirkan bagaimana caranya musik tradisional laku dan dicintai masyarakat luas. Satu hal lagi yang lebih penting, kata Nadiem, bagaimana agar secara generik musik tradisional dapat dinikmati anak muda.

“Saya khawatir musik ini bisa hilang kalau kita tidak bergerak bersama,” ungkap Menteri Nadiem dalam diskusinya dengan Martahan Sitohang.

Kepada tvOnenews.com, Kamis, (28/10/21), Martahan Sihotang mengaku terharu akan kehadiran Menteri Nadiem yang sudi menginap, berdiskusi dan belajar memainkan alat musik di rumahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral