Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho.
Sumber :
  • Istimewa

Demi Kepentingan Masyarakat, Polri Beli Pesawat Bekas

Sabtu, 15 Juli 2023 - 13:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Demi kepentingan masyarakat Indonesia, Polri beli pesawat bekas (fixed wing) Boeing 737-800NG dengan registrasi P-7301. Hal ini dikatakan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho.

"Perlu juga dipahami bahwa pengadaan tersebut adalah untuk kepentingan masyarakat banyak dalam rangka polisi melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, pengamanan, ataupun tugas dalam rangka menjalankan misi-misi yang terkait dengan tugas kepolisian lain," kata Sandi di Lapangan Tembak Perbakin, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Lanjutnya menjelaskan, bahwa pesawat terbang Boeing 737-800 NG P-7301 ini bukan untuk ajang bermewah-mewahan, sebab pengadaan pesawat bekas tersebut sudah sesuai ketentuan yang berlaku dan diasistensi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Pesawat itu memang diadakan oleh Polri berdasarkan kerja sama dengan stakeholder terkait, misalnya kami juga dengan BPK dalam rangka proses pengadaan, jangan sampai ada kesalahan dari awal, konsultannya dari BPK," katanya.

Selain itu, kata Sandi, pengadaan pesawat bekas ini juga imbas dari peraturan penerbangan sipil yang berbeda dengan aturan kepolisian ataupun militer. 

Dia mencontohkan apabila personel ditugaskan ke daerah konflik, bencana ataupun yang lainnya, tidak boleh menggunakan senjata api dan kelengkapannya.

"Untuk kendaraan, peralatan dan lainnya itu harus melalui sarana angkut lainnya, sehingga dua kali kerja. Intensitasnya juga tidak bisa kami tentukan, kadang sering, kadang tidak," ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral