Petugas Perbaiki Menara Telekomunikasi di Gunungkidul.
Sumber :
  • Lucas Didit

Sinyal Susah di Gunungkidul, Wisatawan Bakal Sulit Akses PeduliLindungi

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 11:59 WIB

Gunungkidul, DIY - Aplikasi PeduliLindungi adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk uji coba pembukaan tempat wisata, selain CHSE dan beberapa syarat lainnya. Namun, beberapa tempat wisata di Gunungkidul, Yogyakarta yang terletak di daerah terpencil dengan geografis yang tidak merata membuat banyak diantaranya menjadi daerah blank spot atau susah sinyal.

Hal ini tentu menjadi kendala bagi persyaratan  penerapan aplikasi PeduliLindungi yang tentu membutuhkan sinyal telekomunikasi. Sehubungan dengan hal ini Dinas Pariwisata Gunungkidul saat ini mulai memetakan  destinasi wisata yang masih sulit sinyal telekomunikasi (blank spot).

Hal ini diungkapkan oleh Harry Sukmono, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul. Harry mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan identifikasi terkait kawasan wisata yang kesulitan sinyal atau blank spot.

"Destinasi yang berada di area blank spot kebanyakan berada di kawasan pantai," terang Hary saat dihubungi, Sabtu (9/10).

Harry menyebut pantai Wediombo, Kawasan Gunung Batur, Watu Lumbung, dan Pantai Siung, menjadi daerah blank spot sisi timur, sementara di bagian barat meliputi Pantai Ngedan, Gesing, Kesirat, dan Pantai Grigak.

"Untuk kawasan non-pantai, salah satunya berada di kawasan wisata Klayar di Kalurahan Kedungpoh, Nglipar, di sini memang sinyalnya tidak stabil," lanjutnya.

Harry melanjutkan, terkait kendala ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral