Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin Saat Memberi Pemaparannya Pada Rapat Kerja Dengan Komisi 9 DPR RI, Rabu (8/2/2023).
Sumber :
  • tim tvOnenews/Rizki Amana

DPR Desak Kemenkes dan BPOM Libatkan Lembaga Independen Untuk Uji Kelaikan Obat Sirop

Rabu, 8 Februari 2023 - 17:55 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Irma Suryani Chaniago mendesak pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) libatkan pihak ketiga dalam melakukan uji laboratorium kelaikan obat sirop yang menjadi penyebab kasus baru gagal ginjal pada anak

Hal itu ditengarai adanya perbedaan hasil uji laboratorium berupa kategori tidak memenuhi syarat (TMS) atau memenuhi syarat (MS) bagi obat sirop yang dapat diedarkan di masyarakat. 

Irma menyebut pihaknya pun tak mempercayai hasil laboratorium terhadap kelaikan obat sirup yang dikeluarkan oleh kedua instansi tersebut. 

"Harus dilakukan adalah segera ambil langkah menteri dan kepala BPOM untuk melakukan uji laboratorium ke lembaga independen agar supaya Komisi IX percaya hasilnya kalau sekarang saya tidak percaya mau hasilnya MS atau TMS karena data sebenarnya belum pasti," kata Irma dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Irma menuturkan langkah tersebut perlu dilakukan mengingat adanya kasus baru gagal ginjal akut pada anak hingga menewaskan seorang penderitanya. 

Bahkan, kata politikus Partai NasDem tersebut langkah itu diperlukan guna memulihkan kinerja Pemerintah Indonesia pada bidang kesehatan. 

"Ini kan dua-duanya (Kemenkes dan BPOM ) harusnya malu dengan rakyat kalau selalu bertolak belakang dan tolong jangan permalukan presiden, pemerintah dan diri sendiri," kata Irma. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral