Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menghadiri KTT NATO di Madrid, Spanyol, pada Rabu (29/06/2022)..
Sumber :
  • antara

PM Inggris Boris Johnson Mengundurkan Diri

Kamis, 7 Juli 2022 - 15:46 WIB

London, Inggris - Perdana Menteri Boris Johnson telah setuju untuk mengundurkan diri, kantornya mengatakan Kamis, untuk mengakhiri krisis politik yang belum pernah terjadi sebelumnya atas masa depannya yang telah melumpuhkan pemerintah Inggris.

Seorang pejabat di kantor Johnson's Downing Street mengkonfirmasi bahwa perdana menteri akan mengumumkan pengunduran dirinya nanti. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena pengumuman belum dibuat.

Johnson telah menolak seruan Kabinetnya untuk mundur setelah skandal etika. Dia menyerah setelah lebih dari 40 menteri keluar dari pemerintahannya dan menyuruhnya pergi.

Tidak segera jelas apakah Johnson akan tetap menjabat sementara Partai Konservatif memilih pemimpin baru, yang akan menggantikannya sebagai perdana menteri.

Beberapa menit sebelum berita itu tersiar, kepala Keuangan Nadhim Zahawi meminta Perdana Menteri Boris Johnson untuk mengundurkan diri hanya 36 jam setelah Johnson menempatkannya dalam pekerjaan itu, sementara menteri Kabinet yang baru diangkat berhenti dari jabatannya.

Salah seorang di antaranya meminta Johnson menetapkan sendiri tanggal pengunduran dirinya ketimbang menghadapi mosi tidak percaya. Banyak anggota parlemen mengatakan bahwa sekarang pertanyaannya bukan lagi apakah tetapi kapan dia harus mundur.

Pada Rabu malam, jaksa wilayah Inggris dan Wales Suella Braverman mendesak Johnson untuk lengser. Braverman menjadi menteri kabinet pertama yang mengatakan akan bersaing untuk menggantikan Johnson dalam pemilihan pemimpin Konservatif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral