Banjir besar di Pakistan pada bulan Agustus. Jumat (16/9/2022)..
Sumber :
  • AP Newsroom

Imbas Perubahan Iklim Dunia, Pakistan Dilanda Banjir Ekstrim

Jumat, 16 September 2022 - 16:51 WIB

Jakarta - Perubahan iklim di Pakistan memungkinkan memicu curah hujan hingga 50%, pada akhir bulan lalu di dua provinsi Pakistan selatan. Tetapi pemanasan global bukanlah penyebab terbesar dari bencana banjir di Pakistan yang telah menewaskan lebih dari 1.500 orang.

Kerentanan terjadi di seluruh daerah Pakistan, orang-orang yang hidup dalam bahaya adalah faktor utama dalam bencana yang pada satu titik menenggelamkan sepertiga wilayah Pakistan. Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia juga memainkan peran yang sangat penting di sini.

Ilmuwan internasional yang melihat bencana tersebut tidak dapat mengukur seberapa besar perubahan iklim telah meningkatkan kemungkinan dan frekuensi banjir.

“Apa yang terjadi akan menjadi peristiwa curah hujan yang sangat tinggi tanpa perubahan iklim, tetapi lebih buruk karena perubahan iklim,” kata Otto, dikutip APNewsroom, Jumat (16/9/2022).

 “Dan terutama di wilayah yang sangat rentan ini, perubahan kecil sangat berarti,” lanjut Otto.

Penulis studi Fahad Saeed, seorang ilmuwan iklim di Analisis Iklim dan Pusat Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan di Islamabad Pakistan, mengatakan banyak faktor yang membuat musim muson ini jauh lebih basah dari biasanya, termasuk La Nina, pendinginan alami bagian dari Pasifik yang mengubah cuaca di seluruh dunia.

“Tetapi faktor-faktor lain memiliki tanda perubahan iklim,”kata Saeed. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral