Komisioner KPU, Idham Holik.
Sumber :
  • Tim tvOne

KPU Gandeng PPATK Telusuri Dana Pemilu 2024 dari Sumber Ilegal

Kamis, 25 Mei 2023 - 10:41 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan respons soal dugaan bakal calon legislatif (bacaleg) menggunakan dana kampanye Pemilu 2024 dari hasil penjualan narkoba.

Komisioner KPU, Idham Holik mengatakan lembaganya telah menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran dana ilegal untuk pemilu.

“Nanti kalau sekiranya ada laporan dari masyarakat, kebetulan juga KPU bekerjasama dengan PPATK. Maka kami akan minta PPATK untuk bertindak, karena domainnya ini aparat penegak hukum dan PPATK,” ujar Idham saat dihubungi, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan PPATK telah berkomitmen untuk memastikan bahwa dana kampanye Pemilu 2024 itu berasal dari sumber ilegal sesuai aturan undang-undang.

Selain itu, dia mengungkapkan saat ini parpol di tingkat pusat maupun kabupaten/kota masih dalam proses pembukaan rekening untuk menampung dana kampanye.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Ditipidnarkoba) Bareskrim Mabes Polri menduga terdapat dana politik pada Pemilu 2024 yang berasal dari kasus peredaran narkoba.

Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi mengatakan indikasi tersebut didapati selama pengungkapan kasus narkoba yang menyeret tokoh legislatif di beberapa daerah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral