Hasil survei Bakal Capres Anies Baswedan dari beberapa lembaga survei menyebut alami kecenderungan menurun.
Sumber :
  • Sumber: Tim Tvone

Tren Penurunan Elektabilitas Anies Baswedan Pada Sejumlah Survei, Ini Penyebabnya Kata Pengamat

Senin, 5 Juni 2023 - 05:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan selalu berada di posisi ketiga di beberapa survei terakhir. Terbaru hasil survei
Indikator Politik yang melakukan simulasi tiga nama, elektabilitas Anies Baswedan kembali mengalami penurunan jadi 18,9 persen, terpaut cukup jauh dengan Prabowo Subianto capai 38 persen dan Ganjar Pranowo capai 34 persen. 

Sebelumnya, dalam survei Litbang Kompas yang merilis elektabilitas mantan Gubernur DKI itu hanya 13,6%. 
Dalam tren di Litbang Kompas, persentase elektabilitas Anies memang sempat naik-turun, namun sejak Oktober 2021 hingga Mei 2023 ia selalu berada di bawah capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

 

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, menilai turunnya elektabilitas Anies karena faktor aktifnya tim Prabowo Subianto dan kinerja Presiden Joko Widodo. 


"Anies trennya masih turun, bersamaan dengan peningkatan approval rating (tingkat kepuasan publik) Pak Jokowi tapi juga bersamaan dengan peningkatan suara Pak Prabowo," kata Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi pers virtual, Minggu (4/6).

Peningkatan suara Prabowo yang sebelumnya 24,2 persen menjadi 25,3 persen bukan hanya karena pengaruh Jokowi, tapi juga kinerja aktif tim Prabowo. 
Jadi, Burhanuddin menyebut, penurunan elektabilitas Anies dipengaruhi dari dua sisi, yakni approval rating Jokowi dan basis Prabowo yang kini kembali.
"Faktanya basis Pak Prabowo yang sempat lari ke Anies sebagian sudah mulai balik ke kandang," lanjut Burhanuddin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral