Pandu Jaya Winanga, penemu bug atau celah keamanan kritis dalam aplikasi digital Ruangguru..
Sumber :
  • Istimewa

Temukan Celah di Aplikasi Ruangguru, Siswa SMA Asal Bangkalan Ini Dapat Penghargaan

Selasa, 4 Juli 2023 - 23:02 WIB

tvOnenews.com - Indonesia tak pernah kehabisan anak muda berbakat. Seirama dengan berkembangnya teknologi yang kian pesat, banyak generasi muda Tanah Air membuat karya melalui kreativitas dan inovasinya. 

Pandu Jaya Winanga adalah salah satunya. Remaja asal Bangkalan Madura yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bangkalan, Madura, sudah menunjukkan bakat dan keterampilannya. Berawal dari ketertarikannya di bidang teknologi informasi, ia mencoba membuat analisa dan inovasi.

Salah satu yang paling membanggakan Pandu adalah saat mendapatkan Certificate of Appreciation dari Ruangguru. Penghargaan tersebut diraih Pandu setelah menemukan bug atau celah keamanan kritis dalam aplikasi digital Ruangguru. Ia mendapatkan penghargaan ketika masih duduk di kelas 11, tepatnya pada 1 Juni 2022 lalu.   

“Suatu prestasi yang patut dibanggakan. Karena saya berhasil menemukan kelemahan signifikan dalam sistem atau aplikasi Ruangguru yang dapat membahayakan keamanan data dan informasi pengguna,” jelasnya.

Bagi Pandu, penghargaan itu memberinya motivasi yang lebih tinggi dan mendorongnya untuk mengembangkan keahlian di bidang keamanan cyber. Menurutnya, Indonesia harus siap dengan pertarungan bisnis digital yang lebih kompleks. Untuk itu, diperlukan ketahanan sistem keamanan yang jauh lebih kuat agar bisa melindungi seluruh stakeholder.

“Saya senang karena Ruangguru menghargai upaya saya dalam membantu mereka meningkatkan keamanan digital mereka dan mencegah potensi eksploitasi atau serangan,” ungkap Pandu yang lahir di Bangkalan, 29 Desember 2005 itu. 

Pandu menyadari bahwa  generasi muda memiliki peran penting di era digital saat ini. Terlebih, pascapandemi Covid-19, cara hidup manusia cenderung semakin menuju ke arah digitalisasi. Oleh sebab itu, ia mengajak generasi muda terus belajat dan beradaptasi agar bisa bersaing dan bertumbuh di era transformasi digital ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral