Presiden Soekarno dan Nikita Khruschev dalam sebuah pertemuan Kepala Negara..
Sumber :
  • Dok.Wikipedia

Jejak Operasi Intelijen Asing di Indonesia, Menyiapkan Panggung Bentrokan dan Kudeta Gagal G30S PKI di Tahun 1965

Selasa, 12 September 2023 - 04:30 WIB

tvOnenews.com - Ada banyak fakta dibalik peristiwa kelam G30S PKI yang hingga saat ini masih menjadi tema diskusi yang hangat, terutama hal-hal yang yang mendahuluinya sebelum pemberontakan PKI pecah di tahun 1965.

Sejumlah teori konspirasi beredar diseputar peristiwa tersebut, terkait siapa dalang dibalik gerakan sekelompok "perwira berpikiran maju" yang menghabisi atasannya sendiri di Angkatan Darat dalam peristiwa berdarah G30S PKI.

Salah satu teori yang mengemuka adalah dugaan keterlibatan operasi intelijen Amerika Serikat melalui Central Intelligence Agency atau CIA yang mendorong terjadinya bentrokan antara PKI dan Angkatan Darat.

John Rossa dalam bukunya "Dalih Pembunuhan Massal, Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto", diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Institut Sejarah Sosial Indonesia dan Hasta Mitra, Januari 2008, memaparkan bagaimana Amerika ikut serta "Menata Panggung Bentrokan" antara Angkatan Darat dan PKI melalu peristiwa G30S PKI.

Foto: Pidato Presiden Soekarno di Majelis Umum PBB, 1960. (Dok. YouTube - Arsip Nasional RI)

Menurut Rossa, Politik luar negeri Soekarno yang bebas aktif yang dipamerkan pada Konferensi Asia Afrika 1955, hujatannya terhadap imperialisme Barat, dan kesediaannya merangkul PKI sebagai bagian integral dalam politik Indonesia ditafsirkan oleh Washington sebagai bukti kesetiaan Sukarno kepada Moskow dan Beijing. 

Sesudah PKI memenangi pemilihan umum daerah pada pertengahan 1957, Amerika berpikir bahwa waktunya telah tiba untuk bergerak melawan Soekarno. 


Menyiapkan Panggung Bentrokan PKI dan Angkatan Darat

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral