Museum Nasional Kebakaran.
Sumber :
  • Antara

Kemendikbudristek Ungkap 6 Ruangan yang Terbakar di Museum Nasional

Minggu, 17 September 2023 - 13:17 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengungkapkan ada enam ruangan yang terbakar pada saat terjadinya musibah kebakaran melanda Museum Nasional pada Sabtu, 16 September 2023 malam. 

"Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar," ujar Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023). 

Mahendra menegaskan bahwa aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang terjadi. 

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," kata Mahendra. 

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meninjau lokasi kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, pada Sabtu malam, 16 September 2023. 

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B dan Gedung C. Kebakaran saat ini diketahui terjadi di bagian belakang Gedung A dan sampai dengan pukul 22.40 api sudah padam. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," kata Nadim. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral