Letjen Soeharto bersama Roeslan Abdulgani (kiri) dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX mengumumkan penahanan 15 menteri loyalis Soekarno pada 1966..
Sumber :
  • geheugen.delpher.nl

Soeharto Pernah Ungkap Alasan Bung Karno Tidak Mau Membubarkan PKI, Ternyata Gara-gara..

Minggu, 24 September 2023 - 04:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sejarah kelam Indonesia pada G30S PKI masih menjadi misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini juga.

Ada banyak sekali teori yang mendasari peristiwa G30S PKI, beberapa orang seperti Soekarno, Soeharto, sampai CIA diduga menjadi dalang dari peristiwa yang merenggut nyawa enam Jenderal dan satu Perwira Indonesia pada saat itu.

Setelah peristiwa G30S PKI rakyat marah dan menuntut pembubaran PKI. Rakyat yang pada saat itu mendengar tragedi pertumpahan darah tersebut kemudian marah setelah mengetahui bahwa pelakunya akan melakukan kudeta yaitu PKI sebagai tertuduh.

Pada saat itu, rakyat sudah memberi tuntutan dengan kemarahan agar PKI dibubarkan setelah mendengar kabar bahwa kelompok tersebut lah yang mendalangi peristiwa ini.

Markas dan kantor milik PKI pada saat itu sudah mulai diserbu dan dibakar oleh massa yang marah atas tragedi yang telah terjadi, unjuk rasa dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, meskipun tuntutan pembubaran terhadap PKI sudah disampaikan oleh rakyat, Presiden Pertama Indonesia belum bersedia untuk memenuhi tuntutan dengan membubarkan PKI.

Pandangan ini ternyata sudah ada dalam diri bung Karno sejak lama, bahkan ketika ia memiliki gagasan yang diwujudkan dari Nasionalis, Agama, dan Komunis (nasakom). Hal ini diungkapkan oleh Mantan Presiden Soeharto.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
08:51
13:42
07:20
01:12
01:28
Viral