PLTS Terapung Cirata.
Sumber :
  • Raisan Al Farisi-Antara

Baru Diresmikan, Presiden Jokowi Sebut PLTS Terapung Cirata Terbesar di Asia Tenggara, Ketiga di Dunia

Kamis, 9 November 2023 - 11:31 WIB

Purwakarta, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Purwakarta terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia

"Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga (dunia)," kata Jokowi dalam pidato peresmian operasional PLTS Terapung Cirata, Kamis (9/11/2023). 

Jokowi mengatakan operasional PLTS hasil kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian BUMN, PLN dan Masdar Uni Emirate Arab itu merupakan mimpi besar Indonesia membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar.

Baru diresmikan, Presiden Jokowi sebut PLTS Terapung Cirata terbesar di Asia Tenggara, ketiga di dunia. Dok: Andi Firdaus-Antara

Jokowi menyebut PLTS Terapung Cirata menambah kapasitas produksi listrik eksisting dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di wilayah setempat yang kini tercatat mencapai 1.000 Megawatt (MW).

"Jadi nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga. Saya gembira dan bangga melihat PLTS terapung di Cirata ini telah selesai," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
01:45
Viral