Lokasi Longsor di Kampung Kiara Dua, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.
Sumber :
  • tim tvOne/Rizki Gustana

Dua Orang Penambang Emas di Sukabumi Tewas Tertimbun Lubang Galian

Jumat, 3 Desember 2021 - 14:25 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Dua orang penambang tewas usai tertimbun lubang galian di Kampung Kiara Dua, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Blok Kebon Kopi Perkebunan PT Tugu Cimenteng pada Jumat (3/12/2021).

"Dalam insiden ini dua orang penambang meninggal dunia yang diakibatkan tertimbun material longsoran, berupa tanah merah ketika melakukan aktivitas penambangan yang dilakukan oleh kedua korban,"  kata Kapolsek Simpenan Iptu Dadi. 

Dadi menjelaskan, lubang yang digali kedua korban yakni Nasrudin (47 Tahun) dan Wandi (30) tertimbun saat berkerja di lubang yang sudah ditinggalkan oleh penggarap. Keduanya menggali kembali lubang tersebut dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. 

"Menurut keterangan saksi, mereka (korban) sedang ngonek aktivita, bahkan sudah diingatkan oleh pemilik sebelumnya (penambang) agar tidak melakukan aktivitas pengambilan di sekitar area tersebut, karena diketahui tanahnya gembur dan labil, tentu sangat membahayakan, meski tidak terlalu dalam," jelas Dadi. 

Kedua korban yang merupakan warga Kampung Tipar RT 08 RW 02 Desa Kertajaya Kecamatan Simpenan sudah berhasil dievakuasi oleh warga dan karyawan KPS ( Komunitas Penambang Sukabumi ) pada sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung dibawa ke rumahnya masing - masing untuk di makamkan.(Rizki Gustana/put)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral