Basarnas pastikan pendaki perempuan yang videonya beredar luas selamat.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Kisah Pendaki Perempuan Zhafirah, Sempat Kirim Pesan ke Ibunya, Ditemukan Selamat, Penuh Luka Bakar oleh Basarnas

Selasa, 5 Desember 2023 - 04:12 WIB

Padang, tvOnenenws.com-Pendaki perempuan dengan muka dipenuhi abu erupsi, berbicara dengan suara tak jelas dan nafas sesak yang videonya viral di media sosial disebut Kepala Basarnas Padang Abdul Malik berhasil dievakuasi. Korban bernama Zhafirah Zahrim Febrina adalah seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Padang. 

Petugas menemukan  Zhafirah dalam keadaan sangat lemah, dengan tubuh penuh luka bakar. Kini Zhafirah mendapat pertolongan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang. "Benar. Dia korban yang terjebak di Gunung Marapi. Dia berhasil dievakuasi," kata Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/12/2023).

Sebelumnya, video Zhafirah viral karena berusaha menghubungi orang tuanya saat terjebak di Gunung Marapi. Dengan terbata bata dan suara tak jelas saat itu belum diketahui nama dan keberadaan korban dalam video yang beredar luas tersebut. 

Sebelumnya Basarnas memberikan update kondisi pendaki yang terjebak saat terjadinya erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat. Basarnas menyebut pihaknya mendata ada 75 pendaki yang berada di sekitar gunung saat erupsi terjadi.

"Jumlah survivor saat ini sudah mencapai 75 orang yang sudah terdata di posko," kata Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik, Senin (4/12/2023). Data itu dikumpulkan hingga pukul 07.10 pagi ini. Dari jumlah itu, 49 orang sudah berhasil dievakuasi.

Basarnas yang melakukan pencarian pendaki lainnya menemukan 3 orang dalam kondisi selamat. Sementara itu 11 orang dalam kondisi meninggal dunia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral