Rs. Bhayangkara dan Biddokkes Polda Jatim dirikan posko trauma healing.
Sumber :
  • Tim tvOne

Erupsi Semeru, RS. Bhayangkara dan Biddokkes Polda Jatim Dirikan Posko Trauma Healing Bagi Anak

Senin, 6 Desember 2021 - 19:44 WIB

Lumajang, Jawa Timur – Tak hanya menimbulkan kerusakan dan korban jiwa, erupsi Gunung Semeru juga menyisahkan trauma yang mendalam bagi warga lereng Gunung Semeru, khususnya anak-anak yang terdampak, seperti Desa Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo. Semuanya berada di kecamatan Candipuro.

Untuk menghilangkan rasa trauma khusunya bagi anak-anak, Rumah sakit Bhayangkara Lumajang dan Biddokkes Polda Jatim, mendirikan posko trauma healing di Aula Dwijaraharja Candipur. Berbagai kegiatan pun dilakukan, diantaranya bernyanyi, bermain dan mngaji.

Dengan didirikanya posko trauma healing bagi anak-anak, relawan berharap dapat sedikit membantu menghilangka trauma, khususnya bagi anak-anak akibat erupsi Gunung Semeru. Selain itu, berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan pada anak-anak selama di pengungsian.

Sementara itu, Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengirimkan sejumlah dokter spesialis anak yang tergabung dalam Satgas Bencana IDAI untuk membantu para tenaga kesehatan di wilayah bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Ketua Umum IDAI, Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan Tim Relawan Satgas Bencana IDAI dan anggota IDAI di wilayah terdekat sudah melakukan penyisiran awal untuk memetakan kondisi kesehatan serta melakukan pelayanan kesehatan bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru, khususnya anak-anak.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, fasilitas kesehatan setempat, serta IDI Cabang dan badan penanganan bencana di wilayah tersebut agar dapat memaksimalkan potensi bantuan dari Relawan Satgas Bencana IDAI," ujar Dr. Piprim dalam siaran resminya dikutip pada Senin.

Tim Satgas bencana IDAI dibagi menjadi dua ke area terdampak di Lumajang yaitu di wilayah Kecamatan Pronojiwo dan kecamatan Candipuro.

Dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, SpA(K), Ketua Satgas Bencana IDAI yang memimpin penyisiran di Kecamatan Pronojiwo memaparkan bahwa alur rujukan korban bencana di wilayah tersebut akan dibantu oleh Pemerintah Kabupaten dan pemerintah Kota Malang. (mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral