Sebagian Pulau Lombok Dikepung banjir.
Sumber :
  • antara

Sebagian Pulau Lombok Dikepung banjir

Senin, 6 Desember 2021 - 21:00 WIB

Mataram, Nusa Tenggara Barat - Sejumlah wilayah di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/12), dikepung banjir setelah hujan lebat berlangsung sejak Minggu (5/12) sampai Senin pagi. Tercatat sejumlah daerah yang dilanda banjir, yakni, Kecamatan Batu Layar dan Gunung Sari, Lombok Barat serta Kecamatan Jerowaru dan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Bahkan Jembatan Meninting yang menghubungkan Kota Mataram ke objek wisata Senggigi nyaris ambruk karena tidak kuat menahan laju banjir bandang.

Tiang listrik di jembatan tersebut pun turut roboh. Akibatnya terjadi kemacetan karena pengendara harus melewati jembatan di sebelahnya yang lokasinya lebih tinggi. Tak luput pula rumah di Kompleks Bhayangkara Residence, Ranjok, Lombok Barat, harus tergenang air setinggi 1,5 meter sampai 2 meter. Sebanyak 220 kepala keluarga (KK) di kompleks tersebut harus dievakuasi menggunakan perahu karet.

Kemudian, tanggul penahan gelombang di Pantai Ampenan atau Kota Tua Ampenan pun turut jebol, tak pelak lagi ombak yang sedang ganas-ganasnya meluap ke areal pusat jajanan di objek wisata tersebut sampai ke rumah warga.

Sementara itu, empat orang warga Desa Batulayar Barat, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, meninggal dunia akibat terseret banjir bandang dan tertimbun tanah longsor, yang terjadi pada Senin (6/12), sekitar pukul 08.00 WITA. Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Batulayar Barat, Serda Parhan Taufik, yang ditemui di lokasi pengurusan jenazah menyebutkan empat korban yang meninggal dunia, yakni Papuq Temah (80), Sumiati (50), Sumiahana (35), dan bayinya Ladenia berusia enam bulan.

"Sumihana ditemukan oleh warga dalam keadaan meninggal dunia di sungai dalam kondisi masih mempertahankan bayinya," kata Serda Parhan, yang membantu proses evakuasi para korban. Selain korban meninggal dunia, kata dia, ada juga warga yang mengalami patah tulang kaki, yakni Hj Selemah. Wanita lanjut usia tersebut terhempas material yang terbawa banjir bandang.

Sementara satu orang korban yang hanyut terseret banjir di sungai atas nama H Suri (75). "Semua korban yang meninggal dunia dimakamkan setelah Shalat Ashar, satu korban patah tulang sudah dirawat di rumah sakit, dan satu korban lagi masih dalam pencarian," ujar Serda Parhan.

Jalan longsor
Jalur lintas kabupaten yang berada di kawasan Hutan Pusuk, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, terpaksa ditutup oleh pihak kepolisian akibat longsor di sejumlah tebing yang menutupi badan jalan. Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Utara, Ipda Bambang Tedi melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Senin (6/12), mengatakan pihaknya menindaklanjuti kejadian alam tersebut dengan mengalihkan jalur lalu lintas melalui Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral