Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rika Pangesti

Misteri Tewasnya Pegawai Imigrasi Jakbar Jatuh dari Apartemen Terungkap dari WN Korsel Terdeteksi Bohong Saat Diuji Lie Detector

Senin, 18 Desember 2023 - 20:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Polisi telah menetapkan WN Korea Selatan Kim Dal Jong sebagai tersangka terkait tewasnya petugas Rudenim Imigrasi Jakarta Barat bernama Tri Fattah Firdaus (23) yang jatuh dari lantai 19 di apartemen kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Kasubdit Deteksus Bidfiskomfor Puslabfor Bareskrim Polri, Kompol Karya mengatakan bahwa Kim Dal Jong terdeteksi bohong saat dilakukan tes Lie Detector.

“Kami melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat poligraf yang umumnya di disebut lie detector,” kata Karya saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (18/12/2023).

Karya menyebutkan uji lie detector itu dilakukan saat Kim Dal Jong berstatus terperiksa. Saat itu, pihaknya melakukan wawancara untuk menggali dan menyamakan persepsi antara polisi selaku pemeriksa dan terperiksa.

“Karena terperiksa ini merupakan warga negara asing, kita juga menggunakan penerjemah yang sudah memiliki legalitas dan merupakan penerjemah yang merasa sangat cocok, baik penerjemahnya maupun calon terperiksa untuk mencegah terjadinya malpersepsi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, usai dilakukan wawancara, juga dilakukan serangkaian pemeriksaan lainnya dengan pemasangan alat deteksi untuk sensor yang dipasang di beberap titik anggota tubuh dari Kim Dal Jong.

“Dari hasil pertanyaan itu direspons oleh tubuhnya, hasilnya ditangkap oleh sensor yang telah kita pasangkan. Kemudian keluar bentuk chart atau yang kita namakan poligraf. Setelah itu secara berkolaborasi menggunakan analisa secara menyeluruh,” ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral