Artillery Strike Fire Power Demo Roket Astros II MK 6 Pussenarmed di Pantai Setrojenar, Kebumen.
Sumber :
  • Tim tvOne - Tim tvOne

Prabowo Bilang Indonesia Jangan Bernasib Seperti Gaza, Bila Militer Indonesia Lawan Israel, Siapa Lebih Unggul? 

Rabu, 10 Januari 2024 - 05:00 WIB

tvOnenews.com - Isu pertahanan dan keamanan dalam negeri pada pekan ini menjadi tema perdebatan yang hangat usai sesi debat ke tiga Calon Presiden (Capres) pada Minggu, 7 Januari 2024 kemarin.

Para capres saling adu gagasan tentang bagaimana kekuatan militer Indonesia di kancah dunia untuk melindungi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto misalnya, beberapa kali mengingatkan agar Indonesia harus memiliki kekuatan militer yang mumpuni.

Prabowo memberikan contoh tentang nasib warga Palestina di Gaza yang kini masih terus berjuang melawan penjajahan Israel.

Perlawanan pejuang Gaza melawan Israel kerap berlangsung tidak seimbang, karena Israel memiliki militer yang lebih besar dan didukung dengan peralatan tempur mutakhir.

Lalu jika hal yang sama diperhadapkan dengan Indonesia, bagaimana kekuatan militer Indonesia jika dibandingkan dengan militer Israel?

Dilansir dari laman globalfirepower.com, sebuah situs yang membedah kekuatan militer seluruh negara di dunia, peringkat kekuatan militer Indonesia rupanya tidak mengecewakan.

Dalam catatan Global Fire Power (GFP) di tahun 2023, militer Indonesia menempati urutan 13 di dunia dengan skor 0,2221, atau terkuat di Asia Tenggara.

Posisi urutan 13 ini lebih rendah dibanding Jepang di urutan ke 8, tapi lebih kuat dibanding Australia di posisi 16, Iran di posisi 17 dan Israel di posisi 18.

Meskipun secara peringkat Israel berada 5 tingkat dibawah Indonesia, namun dalam beberapa aspek, kedua negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral