Ini Imbauan IDI ke Anggota TPS hingga Tim KPPS, dan Para Pemilih.
Sumber :
  • istimewa

Ini Imbauan IDI ke Anggota TPS hingga Tim KPPS, dan Para Pemilih

Selasa, 13 Februari 2024 - 20:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jelang Pemilihan Umum yang berlangsung 14 Februari 2024, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan himbauan bagi segenap IDI Wilayah dan IDI Cabang untuk mempersiapkan TIM SIAGA PEMILU 2024 untuk mengantisipasi hal-hal yang terkait masalah kesehatan dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT juga mengingatkan, “Selama kegiatan PEMILU 2024 berlangsung, kami menghimbau segenap jajaran IDI dan anggota, agar tetap menjaga netralitas dan memegang teguh Sumpah Dokter dalam memberikan bantuan pelayanan kesehatan.”

Selain itu, untuk mengantisipasi agar kejadian tumbangnya para petugas KPPS yang kelelahan seperti pada Pemilu sebelumnya tidak terjadi lagi, PB IDI juga memberikan sejumlah himbauan dan tips kesehatan untuk dilaksanakan bagi penanggungjawab TPS, Petugas KPPS, juga bagi para pemilih.

Berikut adalah himbauan dan tips dari ID sebagaimana disampaikakn oleh Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT:

Untuk Penanggungjawab TPS

- Memastikan lokasi TPS tidak pengap dengan sirkulasi udara yang lancar
- Menyediakan petugas medis dan tenaga kesehatan di setiap radius tertentu sehingga dapat bertindak cepat dalam situasi darurat
- Mendahulukan ibu hamil dan lansia 
- Menyediakan tempat sampah di lokasi TPS dan menjaga agar sampah tidak berserakan dan dalam kondisi tertutup agar tidak mengundang lalat dan menjadi sumber penyakit
- Menyediakan hand sanitizer 
- Melarang merokok dan rokok elektrik dalam area / tenda TPS

Bagi para petugas KPPS selama menjalani tugas

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral