Suasana arus lalu lintas di jalan tol..
Sumber :
  • ANTARA/HO - ATI

Info Mudik, Tol Indonesia Diklaim Kondisinya Bagus Tanpa Kerusakan dan Lubang untuk Layani Mudik Lebaran 2024

Selasa, 2 April 2024 - 14:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Subakti Syukur mengeklaim 1.782 km tol Indonesia dalam kondisi bagus dan siap melayani pemudik di mudik Lebaran 2024.

"Kami memastikan beberapa pekerjaan pemeliharaan di ruas-ruas tertentu, penambahan prasarana pendukung, telah siap sebelum periode arus mudik Lebaran berjalan. Semua BUJT anggota ATI siap melayani masyarakat pengguna tol di seluruh Indonesia," ujar Subakti Syukur di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

ATI juga menyiapkan beberapa ruas tol fungsional dalam rangka mendukung rekayasa lalu lintas di beberapa area.

"Ruas-ruas yang akan difungsionalkan untuk mendukung penanganan arus mudik dan balik Lebaran, kebijakan hari dan waktu fungsionalnya, sepenuhnya mengikuti ketentuan dari team PUPR, Perhubungan, dan Korlantas Polri. Mohon para pengguna berhati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas lapangan," kata Subakti.



Subakti menambahkan, pihaknya telah koordinasi dengan pemangku kepentingan.

Sementara, pengaturan kebijakan termasuk rekayasa lalu lintas selama penanganan arus mudik dan balik, dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan.

Hal yang sama dengan Korlantas dan Kewilayahan Polri untuk pengaturan pelaksanaannya di lapangan.

"Mudah-mudahan berbagai skenario penanganan lalu lintas akan berjalan baik, dan masyarakat pengguna tol bisa merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H dengan aman, lancar, menyenangkan dan ceria," katanya.

Sementara, Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono menambahkan kondisi jalan tol dipastikan baik, terbebaskan dari kerusakan, lubang dan berbagai pekerjaan perbaikan, memiliki perambuan lengkap, serta marka jalan yang terlihat jelas sehingga memungkinkan dilalui dengan baik.

Semua BUJT mengkonfirmasi untuk memfungsikan dan menyiagakan unit tambahan peralatan transaksi tol, derek, ambulan, kendaraan patroli dan rescue, kamera pantau dan traffic management system, serta berbagai peralatan penunjang rekayasa lalu lintas lainnya.

Hal sama untuk kesiapan petugas layanan yang akan tersebar membantu melayani para pengguna jalan tol.

Selain itu, ATI mengimbau kepada masyarakat yang mudik Lebaran pada tahun ini untuk tidak khawatir istirahat keluar jalan tol mengingat perhitungan tarif tol akan berlaku sama.

"Masyarakat tidak perlu kawatir #IstirahatKeluarTol mengingat perhitungan tarif tol akan berlaku sama, yaitu berdasarkan km-travelled," ujar Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono.

Menurut Kris, setidaknya ada tiga permasalahan lalu lintas yang umum menyertai  di festival besar seperti Lebaran.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral