Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim..
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Akhirnya Singgung soal Hapus Ekskul Pramuka dari Sekolah, Nadiem: Saya Anak Pramuka, Tapi Mohon Tidak Usah Lagi Dibahas

Rabu, 3 April 2024 - 14:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim klarifikasi terkait wacana kegiatan pramuka yang akan dihapus dari ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Nadiem menegaskan pemerintah tetap mewajibkan sekolah mengadakan ekskul pramuka.

Dia mengaku pramuka menjadi kegiatan positif, apalagi hal itu pernah dialami diirnya saat menjadi anak pramuka ketika masih duduk di kursi Sekolah Dasar (SD).

“Saya anak Pramuka, saya SD Pramuka, saya masih ingat pengalaman melakukan dan berkemah dan jurit malam di SD. Itu satu hal yang membuat saya menjadi memori yang paling positif di SD,” kata Nadiem dalam rapat Komisi X DPR di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Dia menjelaskan sekolah diwajibkan untuk menyediakan pramuka sebagai pilihan ekskul.

“Tapi mohon tidak lagi dibahas bahwa pramuka dihapus atau dihilangkan dari sekolah karena peraturannya sangat jelas bahwa itu menjadi ekskul yang wajib diselenggarakan oleh sekolah,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan pemerintah ingin meningkatkan status pramuka dari program ekskul menjadi co-kurikuler, dan dimasukkan ke dalam kurikulum merdeka.

“Jadi itu satu hal yang bisa meningkatkan status nilai-nilai pramuka yang tadinya hanya ekstrakurikuler bisa masuk ke dalam co-kurikuler,” jelasnya.

“Apalagi menurut saya lebih menarik lagi kalau bisa dimasukkan ke dimasukkan ke dalam komponen P5 (projek profil Pancasila) sehingga nilai-nilai kepramukaan bisa mendarahdaging di anak-anak kita melalui program co-kurikuler,” tambah Nadiem.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral