Pelaku Kekerasan kepada Anak Cenderung Punya Gangguan Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Psikolog Klinis.
Sumber :
  • istimewa

Pelaku Kekerasan Anak Cenderung Punya Gangguan Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Psikolog Klinis

Jumat, 5 April 2024 - 04:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Psikolog klinis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Indria Laksmi Gamayanti menyoroti pelaku kekerasan anak cenderung memiliki gangguan kesehatan mental.

Menurutnya, kondisi tersebut bisa saja terjadi lantaran beragam kekerasan anak kerap terjadi belakangan ini.

"Secara psikologis, pelaku kekerasan cenderung memiliki gangguan kesehatan mental dalam dirinya sendiri," kata Indria dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Indria menjelaskan terhadap banyak kasus, pelaku kekerasan kepada anak merupakan orang tua, guru, pengasuh, bahkan sesama anak.

"Kekerasan pada anak bisa dilakukan oleh siapa saja. Sayangnya menurut penelitian banyak dilakukan oleh orang-orang dewasa terdekat yang justru seharusnya bisa menjadi pelindung dari anak tersebut," jelasnya.

Menurut dia, faktor pemicu dari tendensi tindakan kekerasan pada pelaku bermacam-macam, mulai dari kesiapan mental kondisi ekonomi, hingga pengalaman kekerasan serupa di masa kecil.

Indria menyebut ada tiga macam bentuk kekerasan pada anak, yaitu kekerasan fisik, kekerasan emosi, dan kekerasan seksual.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral