Permudah Arus Balik dari Sumatera ke Jawa, Kemenhub Tambah Jumlah Perjalanan Kapal.
Sumber :
  • ANTARA

Permudah Arus Balik dari Sumatera ke Jawa, Kemenhub Tambah Jumlah Perjalanan Kapal

Minggu, 14 April 2024 - 14:22 WIB

Bakauheni, tvOnenews.com - Kementerian Perhubungan menambah jumlah perjalanan kapal untuk melayani penumpang dan kendaraan arus balik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kali ini pihaknya menambah kapal arus balik menjadi 146 kali perjalanan.

"Langkah yang kami lakukan itu pertama kali adalah jumlah perjalanan kapal yang dioperasikan atau pergerakan kapal, kalau kemarin itu 131 kali di sini (Pelabuhan Bakauheni) akan menjadi 146 kali trip," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4/2024).

Ia mengatakan, penambahan jumlah perjalanan kapal tersebut untuk memastikan layanan penyeberangan tetap berlangsung lancar ketika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

Selain penambahan jumlah perjalanan kapal, waktu berlabuh kapal di pelabuhan juga terus dipantau melalui sistem yang tersedia.

"Apabila kapal bersandar melampaui 45 menit, harus jalan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Menhub, penerbitan Surat Perintah Berlayar (SPB) dari Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) juga telah diarahkan agar lebih cepat atau kurang dari 5 menit sehingga tidak ada penundaan penyeberangan kapal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral