Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto (kiri) berdiri bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kanan)..
Sumber :
  • ANTARA

Ada PKB dan PAN Dipercaya Kuatkan Politik Islam dalam Koalisi Prabowo-Gibran? Begini Kata Pengamat

Jumat, 26 April 2024 - 13:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menegaskan mendukung koalisi presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Terkait hal ini, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs, Ahmad Khoirul menilai, PKB akan memperkuat politik Islam dalam pemerintahan pasangan Prabowo-Gibram ke depannya.

"Masuknya PKB akan mengokohkan dukungan politik islam moderat terhadap pemerintahan baru Prabowo-Gibran," kata Ahmad Khoirul dalam siaran pers, Jumat (26/4/2024).

Ahmad Khoirul menjelaskan, PKB merupakan satu satunya partai yang merepresentasikan ideologi dan kekuatan politik Nahdliyyin.

Nahdliyyin sendiri merupakan sebutan untuk para pengikut Nahdlatul Ulama yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Selain itu, sosok Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Ketua Umum PKB juga dianggap sebagai salah tokoh Nahdlatul Ulama sehingga dinilai dapat menarik dukungan tokoh Islam untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Kekuatan politik Islam di pemerintahan Prabowo-Gibran juga diperkirakan Ahmad Choirul akan semakin kuat dengan adanya Partai Amanat Nasional (PAN) di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral